Senin 15 Jan 2024 00:05 WIB

Puan Soal Komunikasi dengan AMIN: Kami Lakukan Setelah 14 Februari

"Ya membangun bangsa itu harus bersama-sama, tidak mungkin sendirian," kata Puan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Puan Maharani
Foto: Republiika/Alfian Choir
Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengatakan bahwa komunikasi dengan lawan politik merupakan hal yang positif. Termasuk kedekatannya dengan Anies Rasyid Baswedan dan Abdul Muhaimin Iskandar (AMIN) usai debat calon presiden (capres) pada 7 Januari lalu.

"Kami berusaha untuk bisa selalu berkomunikasi, bersilaturahmi, pesta kontestasi ini adalah pesta kontestasi, pesta rakyat. Jadi kami semua berharap bahwa siapa yang ikut dalam pesta kontestasi ini bisa menjalankan pesta demokrasi ini secara jujur, adil," ujar Puan di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (14/1/2024).

Baca Juga

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto sendiri mengaku adanya komunikasi dengan Tim Nasional (Timnas) AMIN. Puan pun menjawab bahwa komunikasi formal dan informal akan terjalin usai pencoblosan pada 14 Februari 2024.

"Informal dan formal, kami lakukan bagaimana nantinya setelah 14 Februari itu. Ya membangun bangsa itu harus bersama-sama, tidak mungkin sendirian membangun bangsa itu," ujar Puan.

Adapun Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri juga memasang target kemenangan untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam satu putaran. Puan menanggapi, pihaknya akan mencoba mewujudkannya dalam 26 hari terakhir masa kampanye.

"Kita coba, InsyaAllah ini waktu hanya tinggal 30 harian. Jadi kita coba dinamikanya, ini kan sekarang semuanya berusaha dan ini merupakan tantangan bagi kami untuk bisa memenangkan 14 Februari yang akan datang," ujar Ketua DPR itu.

Ganjar sendiri sudah angkat bicara soal adanya peluang kerja sama dengan kubu AMIN untuk putaran kedua Pilpres 2024. Ia tak menjawab tegas soal peluang itu, tapi Ganjar menyebut komunikasinya dengan pasangan calon nomor urut 1 itu sangat baik.

Apalagi dirinya, Mahfud MD, Anies, dan Muhaimin adalah alumni Universitas Gadjah Mada (UGM). Ditambah, dirinya juga merupakan Ketua Umum Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) periode 2019-2024.

"Saya, Cak Imin, Mas Anies, dan Prof Mahfud, kami berempat kuliah di UGM, ketua alumninya saya. Kalau bercerita soal komunikasi, kami berempat sangat biasa berkomunikasi," ujar Ganjar kepada wartawan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement