Kamis 18 Jan 2024 05:39 WIB

Prabowo dan Anies Akhirnya Bersalaman Kembali di Gedung KPK

Capres Prabowo dan Anies sempat tak bersalaman usai debat di Istora Senayan.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berbincang dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam acara PAKU Integritas di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024) malam WIB.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan berbincang dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dalam acara PAKU Integritas di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sempat tak bersalaman usai acara debat capres dua pekan lalu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan akhirnya berjabat tangan kembali dalam acara Paku Integritas yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024) malam WIB.

Kedua capres itu bersalaman usai momen foto bersama. Prabowo yang berdiri di tengah panggung awalnya menyalami Ketua KPK Nawawi Pomolango, cawapres nomor urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar, dan pimpinan KPK lainnya.

Kemudian, Prabowo mengulurkan tangan kanannya ke arah Anies. Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyambut uluran tangan menteri pertahanan (menhan) tersebut, sehingga keduanya bersalaman.

Dalam tayangan langsung acara tersebut di Youtube KPK, tampak Anies dan Prabowo tidak hanya bersalaman, namun sempat berinteraksi sebentar ketika turun dari panggung. Hal itu setelah keduanya bersama pasangan masing-masing dan capres Ganjar Pranowo dan cawapresnya berfoto bersama.

Selain bersalaman, Prabowo dalam paparannya juga mengaku sependapat dengan Anies soal pemimpin tertinggi harus bertindak transparan agar menjadi contoh bagi semua bawahannya. Cara tersebut diyakini dapat mencegah praktik korupsi. "Saya sependapat dengan Pak Anies tadi, harus dari atas," ujar Prabowo.

Prabowo dan Anies diketahui tak bersalaman usai acara debat capres di Istora Senayan, Ahad (7/1/2024) malam WIB. Hal itu terjadi setelah Anies bertubi-tubi 'menyerang' Prabowo sepanjang gelaran debat, mulai dari memberikan nilai rendah atas kinerja Prabowo sebagai menhan hingga mengungkap luas lahan yang dikuasai ketua umum DPP Partai Gerindra itu.

Ketika konferensi pers usai debat, Anies mengaku, sudah berupaya mencari Prabowo untuk bersalaman. Namun, kata dia, ketika itu Prabowo sudah tidak ada di panggung debat.

Adapun Prabowo dalam konferensi persnya menyebut, salaman tidak terjadi karena Anies tak menghampirinya usai debat. Menurut Prabowo, Anies yang harus menghampirinya karena dirinya lebih senior. "Saya lebih tua dari dia, saya lebih senior dari dia," kata Prabowo yang berusia 72 tahun.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani pada Jumat (13/1/2024) menyebut, Prabowo dan Anies tidak bersalaman hanya karena masalah teknis. Hal itu mengingat ada banyak orang yang ke atas panggung debat ketika itu.

Muzani meyakini, Prabowo dan Anies akan kembali bersalaman saat debat capres selanjutnya, sebuah keyakinan yang terwujud lebih cepat dalam acara Paku Integritas KPK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement