Kamis 18 Jan 2024 13:19 WIB

Bersalaman dengan Anies, TKN: Prabowo Selalu Berdamai dengan Rival

TKN sebut Prabowo bersalaman dengan Anies bukti selalu berdamai dengan rival.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, Afriansyah Noor, mengatakan Prabowo selalu dapat menunjukkan sikap negarawan di kala bertemu rival-rivalnya di Pilpres. Walau kontestasi Pilpres cukup panas, Prabowo menurut Afriansyah tidak menghilangkan persahabatan. Seperti yang ditunjukkan Prabowo ketika bersalaman dengan Anies Baswedan pada acara di KPK, Rabu (17/1/2024).

“Itulah sikap negarawan seorang Prabowo Subianto. Dia akan selalu mau berdamai supaya NKRI tidak terpecah belah,” kata Afriansyah, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga

Afriansyah melihat Prabowo banyak juga belajar dari Presiden Joko Widodo. Di mana saat dua kali Pilpres menjadi rival, Prabowo dan Jokowi akhirnya berdamai dan bersama-sama membangun bangsa di dalam pemerintahan. Dan sikap legowo serupa kini ditunjukkan Prabowo terhadap Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.  

“Sikap seorang negarawan itu tentunya walau berbeda tapi untuk NKRI harus bersatu. Tentunya nanti kita lihat setelah Pemilu, damai dan aman, menghasilkan presiden terbaik yang akan bersama sama membangun bangsa,” ucap Afriansyah.

Sebelumnya diberitakan setelah sempat tak bersalaman usai acara debat capres dua pekan lalu, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan akhirnya berjabat tangan kembali dalam acara Paku Integritas yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2024) malam WIB. 

Kedua capres itu bersalaman usai momen foto bersama. Prabowo yang berdiri di tengah panggung awalnya menyalami Ketua KPK Nawawi Pomolango, cawapres nomor urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar, dan pimpinan KPK lainnya. Kemudian, Prabowo mengulurkan tangan kanannya ke arah Anies. 

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyambut uluran tangan menteri pertahanan (menhan) tersebut, sehingga keduanya bersalaman. Dalam tayangan langsung acara tersebut di Youtube KPK, tampak Anies dan Prabowo tidak hanya bersalaman, namun sempat berinteraksi sebentar ketika turun dari panggung. Hal itu setelah keduanya bersama pasangan masing-masing dan capres Ganjar Pranowo dan cawapresnya berfoto bersama. 

Selain bersalaman, Prabowo dalam paparannya juga mengaku sependapat dengan Anies soal pemimpin tertinggi harus bertindak transparan agar menjadi contoh bagi semua bawahannya. Cara tersebut diyakini dapat mencegah praktik korupsi. 

“Saya sependapat dengan Pak Anies tadi, harus dari atas," ujar Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement