Jumat 19 Jan 2024 12:46 WIB

Ditanya Persiapan Debat Cawapres Kedua, Gibran Irit Bicara

Debat cawapres kedua ini mengangkat tema energi, SDM, SDA hingga pajak karbon

Rep: Co2/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka beri tanggapan soal saran dari Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang meminta dirinya mundur dari jabatannya, Jumat (18/1/2024).
Foto: Republika/ Alfian choir
Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka beri tanggapan soal saran dari Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang meminta dirinya mundur dari jabatannya, Jumat (18/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka, tak banyak bicara ketika disinggung awak media soal persiapan debat kedua calon wakil presiden pada Ahad (21/1/2024) mendatang. 

Ditemui di Balai Kota Solo, Gibran hanya meminta doa agar debat besok dapat berlangsung dengan lancar. “Ya doakan lancar ya,” katanya. 

Di sisi lain, ketika ditanya soal persiapan apa saja yang telah disiapkan, Gibran tak menjawab pertanyaan tersebut. Ia langsung berlalu masuk ke kantor wali Kota Solo. 

Debat cawapres kedua ini mengangkat tema energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sudah memutuskan 11 panelis yang akan mempersiapkan pertanyaan untuk gelaran debat Pilpres 2024 keempat. Juga sudah diputuskan dua moderator, yang keduanya adalah perempuan, untuk memoderatori debat antar cawapres itu.

Komisioner KPU RI, August Mellaz, mengatakan 11 orang itu ditunjuk menjadi panelis karena punya kompetensi yang sesuai dengan tema debat keempat. Adapun debat keempat akan membahas isu seputar pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup; sumber daya alam dan energi; pangan; agraria; masyarakat adat; serta desa.

Mellaz menyebut, moderator debat keempat ini adalah Retno Pinasti dari SCTV dan Silvia Iskandar dari Metro TV. Keduanya, kata Mellaz, ada sosok yang berkompeten dan punya pengalaman sebagai pembawa acara berita televisi.

Debat keempat akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Ahad (21/1/2024) pukul 19.00 WIB. Ajang adu gagasan tersebut akan ditanyakan secara langsung lewat stasiun televisi SCTV, Indosiar, dan Metro TV.

Untuk membuat suasana arena debat menjadi kondusif, menurut Mellaz, pihaknya akan membatasi jumlah pengawal pribadi setiap cawapres yang boleh masuk. Separuh pengawal pribadi cawapres diminta untuk menunggu di ruang tunggu cawapres.

"Pengawal pribadi (yang boleh masuk arena debat) kira-kira separuh dari yang selama ini ada," kata Mellaz kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement