Ahad 21 Jan 2024 09:10 WIB

Angkat Isu Lingkungan, Debat Jadi Peluang bagi Gibran Raup Suara Pemilih Muda

Komitmen Gibran terkait lingkungan sudah terlihat sejak debat cawapres pertama.

Debat capres-cawapres keempat akan menjadi peluang bagi Gibran Rakabuming Raka untuk mendulang suara anak muda, (ilustrasi)
Foto: Dok. Istimewa
Debat capres-cawapres keempat akan menjadi peluang bagi Gibran Rakabuming Raka untuk mendulang suara anak muda, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Nasional Pengurus Negeri Prabowo-Gibran, Muhammad Pradana Indraputra, mengatakan debat capres-cawapres keempat akan menjadi peluang bagi Gibran Rakabuming Raka untuk mendulang suara dari para pemilih muda. Pasalnya, setiap gagasan yang hendak disampaikan Gibran akan selalu dikaitkan dengan generasi muda. 

Adapun debat cawapres yang digelar pada Ahad (21/1/2024), akan mengusung tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Pradana yakin pemilih dari generasi muda, yang porsinya mencapai 52 persen pada Pemilu 2024, memiliki perhatian luar biasa terhadap isu lingkungan. 

Baca Juga

“Banyak anak muda yang tertarik dengan lingkungan, termasuk Mas Gibran. Dia akan banyak memaparkan apa saja dampak terkait tema debat terhadap anak muda dan bagaimana anak muda bisa berkontribusi, itu yang jadi substansi dari tim Prabowo-Gibran,” kata Pradana pada Ahad, dalam siaran persnya.

“Sehingga, harapan kami melalui debat nanti, Mas Gibran mampu menggaet suara anak muda lebih banyak. Karena apapun yang akan dilakukan dan dipaparkan, insyaAllah akan selalu dikaitkan dengan bagaimana melibatkan anak muda itu sendiri,” tambah dia. 

Komitmen dan penguasaan materi Gibran terkait lingkungan sudah terlihat sejak debat cawapres pertama, ketika dia memaparkan soal hilirisasi sumber daya alam dan bertanya kepada pasangan calon lain seputar pembuatan regulasi carbon capture storage (CCS). Oleh karenanya, Pradana optimistis Wali Kota Solo itu akan menguasai arena debat. 

Gibran disebut tidak memiliki persiapan khusus menjelang debat. Namun, Pradana memastikan bahwa pendamping Prabowo Subianto itu tidak meremehkan kandidat lainnya. Di samping itu, Pradana menegaskan bahwa fokus utama Gibran adalah menjadikan debat sebagai platform untuk mensosialisasikan visi-misinya. 

“Kami tidak melihat Cak Imin dan Prof Mahfud sebagai lawan, tapi fokus kami adalah debat harus memberikan pemaparan kepada publik. Sehingga masyarakat mengerti apa yang sebenarnya ingin dilakukan oleh Prabowo-Gibran. Kami berharap Mas Gibran bisa menyampaikan gagasan untuk Indonesia yang lebih maju, pesan ini yang justru penting,” paparnya.  

Berkaca dari debat-debat sebelumnya, Pradana tidak memungkiri jika pasangan nomor urut dua akan menjadi “sasaran tembak” bagi kandidat lainnya. Dengan demikian, Gibran bersama tim telah berdiskusi seputar dinamika debat dan apa saja pertanyaan yang kira-kira dilontarkan oleh kubu lawan. 

“Dari debat Mas Gibran yang pertama hampir tidak ada evaluasi. Sudah berjalan sesuai rencana. Kalau terkait debat terakhir, terlihat bahwa paslon lain sedang mengejar ketertinggalan elektoralnya, sehingga kami selalu diserang,” kata Pradana. 

“Tapi Mas Gibran tetap santai tanpa meremehkan lawannya. Dia sudah mempersiapkan materi, apakah yang terkait tema atau tidak. Kami juga tidak ada rencana untuk menyerang sejak awal debat. Hanya saja, jika situasi debat menuntut ada klarfikasi atau pencerahan kepada masyarakat, Mas Gibran akan lebih tegas nanti,” sambung dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement