Ahad 21 Jan 2024 20:24 WIB

Gibran Paparkan Sejumlah Langkah Sejahterakan Petani

Cawapres Gibran Rakabuming Raka memaparkan sejumlah langkah untuk sejahterakan petani

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendampingi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Foto: @erickthohir
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendampingi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan sejumlah langkah untuk menyejahterakan petani Indonesia hingga menstabilkan harga pangan saat sesi pemaparan visi, misi, dan program kerja pada Debat Keempat Cawapres Pemilu 2024 di Jakarta, Ahad (21/1/2024).

Gibran akan mendorong ketersediaan pupuk dan bibit yang mudah dan murah untuk mendorong kesejahteraan petani.

Baca Juga

"Untuk mendorong kesejahteraan petani, akan kami dorong terus ketersediaan pupuk dan bibit yang mudah dan murah," kata wali kota Surakarta itu.

Sementara untuk mendorong produktivitas para petani, Gibran mengaku akan meningkatakan penggunaan tenaga mesin atau mekanisasi. Selain itu, kehadiran petani dari kalangan generasi muda akan didorong melalui pertanian cerdas.

"Untuk meningkatkan produktivitas para petani, akan kami dorong terus mekanisasi. Generasi muda akan kami dorong melalui smart farming (pertanian cerdas)," jelas Gibran.

Lebih lanjut, putra sulung Presiden Joko Widodo itu akan mengoptimalkan peran sejumlah lembaga untuk menstabilkan harga pangan.

"Untuk menjaga kestabilan harga pangan, akan kami optimalkan peran dari TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah), ID Food, Bulog, dan Badan Pangan," ujar Gibran.

KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Setelah debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada 7 Januari 2024; KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan ketiga cawapres.

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement