Ahad 21 Jan 2024 23:23 WIB

Anies Nilai Cak Imin dan Mahfud MD Konsisten Jaga Etika Saat Debat

Tak hanya Cak Imin, Anies juga memuji penampilan Mahfud MD.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Ahmad Fikri Noor
Capres Anies Baswedan saat diwawancara usai pelaksanaan debat di JCC Senayan, Jakarta, Ahad (21/1/2024).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Capres Anies Baswedan saat diwawancara usai pelaksanaan debat di JCC Senayan, Jakarta, Ahad (21/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Anies Baswedan menilai penampilan pasangannya, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mengesankan saat proses debat keempat pemilihan presiden (pilpres) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Ahad (21/1/2024) malam. Tak hanya Cak Imin, Anies juga memuji penampilan Mahfud MD.

Menurut dia, Cak Imin dan Mahfud sama-sama kompak menjaga alur debat. Pasalnya, debat itu adalah proses berpikir bersama, di mana lawan debat harus dianggap sebagai teman berpikir.

Baca Juga

"Jadi Pak Mahfud menjaga derajat perdebatan jadi proses yang terhormat. Ini sama-sama jaga kehormatan," kata Anies usai debat di JCC Senayan, Ahad. 

Ia menilai, dalam perdebatan tentu ada perbedaan pandangan. Namun, perbedaan itu harus disampaikan dengan senyum, rasa hormat, dan saling menghargai.

"Walaupun isinya bisa jadi bukan sesuatu yang nyaman didengar, tapi etik dalam prosesnya dijaga. Itu Gus Imin dan Pak Mahfud nampak keliatan sama. Sama-sama bawa etik yang tinggi," kata dia.

Dalam pelaksanaan debat, aksi saling serang memang tak jarang terjadi. Aksi saling serang itu banyak dilakukan antara Cak Imin dan Gibran Rakabuming Raka. Selain itu, aksi saling serang juga terjadi antara Mahfud dan Gibran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement