Senin 22 Jan 2024 14:01 WIB

Bertemu dengan Prabowo-Gibran, Ini Penjelasan Sultan Hamengku Buwono

Sultan tak menampik ia mengobrolkan isu pencapresan dengan Prabowo.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Teguh Firmansyah
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan keterangan pers didampingi pasangan Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran usai melakukan pertemuan di Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Senin (22/1/2024).
Foto: Republiika/Silvy Dian Setiawan
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X memberikan keterangan pers didampingi pasangan Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran usai melakukan pertemuan di Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Senin (22/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menemui Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Senin (22/1/2024). 

Pertemuan tersebut berlangsung tertutup di ruang Gubernur DIY yakni di Gedhong Wilis. Pertemuan antara ketiganya berlangsung sekitar 1,5 jam sejak pukul 11.30 WIB hingga 13.00 WIB.  Usai pertemuan, Sultan menyebut berbincang dengan Prabowo-Gibran terkait banyak hal. Obrolan yang dilakukan juga dalam rangka Pilpres 2024. 

 

"Ngobrol-ngobrol aja, ngobrol ke sana kemari. Ya kan nanti kalau enggak ngomong macem-macem enggak percaya teman-teman. Kita memang ngobrol macem-macem memang dalam rangka Pilpres," kata Sultan usai bertemu Prabowo-Gibran di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta, Senin (22/1/2024). 

 

Sultan menyebut bahwa ia bertukar pikiran dengan Prabowo-Gibran. Meski begitu, Sultan menyebut tidak ada pembahasan khusus. 

 

"Tapi semua itu kita bicara secara umum dalam arti ya kita tukar pikiran saja. Kalau Pilpresnya, kampanye dan sebagainya ya monggo, karena saya bukan bagian dari itu. Makanya Dalam kesempatan ini teman-teman silakan mengajukan pertanyaan, tapi kita tidak ada pembahasan khusus," ucap Sultan. 

 

Sebelumnya diberitakan bahwa capres nomor urut 2, Prabowo Subianto menemui Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin (22/1/2024). Pertemuan tersebut dilakukan di Kantor Gubernur DIY, Kota Yogyakarta.  

 

Prabowo dijadwalkan datang pukul 11.00 WIB. Namun, berdasarkan pantauan Republika, Prabowo baru datang sekitar pukul 11.30 WIB.  Prabowo juga didampingi oleh Cawapres, Gibran 

 

Pertemuan antara Prabowo dan Sultan tersebut berlangsung tertutup. Saat sampai di Kantor Gubernur DIY, Prabowo langsung memasuki ruangan Sultan meski sempat melambaikan tangan ke awak media yang sudah menunggu di Kompleks Kantor Gubernur DIY. 

 

Sementara itu, pendukung Prabowo juga sudah menunggu kedatangannya di depan Kompleks Kantor Gubernur DIY. Diperkirakan massa yang datang mencapai ratusan. 

 

Hanya saja pintu gerbang ditutup mengingat banyaknya massa yang berkumpul di luar Kompleks Kantor Gubernur DIY. Massa pendukung Prabowo sudah datang sejak pukul 08.00 WIB, namun mulai banyak sekitar pukul 10.00 WIB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement