Senin 22 Jan 2024 14:28 WIB

Tetangga Ungkap Mahfud MD Ogah Renovasi Rumah Saat Jabat Menhan

Tetangga mengungkapkan Mahfud MD enggan merenovasi rumah saat menjabat Menhan.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bilal Ramadhan
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat Debat Keempat Pilpres 2024. Tetangga mengungkapkan Mahfud MD enggan merenovasi rumah saat menjabat Menhan.
Foto: Republika/Prayogi
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat Debat Keempat Pilpres 2024. Tetangga mengungkapkan Mahfud MD enggan merenovasi rumah saat menjabat Menhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Wakil Presiden nomor urut 03, Mahfud MD, disebut sebagai sosok yang jujur dan bersih. Kali ini, prinsip jujur dan bersih itu diungkapkan salah satu tetangga Mahfud MD yang merupakan aktivis dan mantan jurnalis, Hamid Basyaib. Hal itu disampaikan Hamid dalam diskusi di Rumah Sahabat Mahfud.

"Kenapa saya bisa pastikan Pak Mahfud itu orangnya jujur dan bersih, dia beli rumah orang kampung dalam gang kecil itu selepas dia jadi Menteri Pertahanan, menteri yang sekarang diduduki Pak Prabowo," kata Hamid dalam keterangan pers pada Senin (22/1/2024).

Baca Juga

Hamid mengungkapkan posisi rumahnya malah berada sedikit di depan gang. Padahal rumah Mahfud malah berada dalam gang. Pada saat itu, Mahfud mengepalai salah satu kementerian dengan anggaran terbesar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Bahkan, Hamid mengingatkan anggaran di Kementerian Pertahanan selalu jadi salah satu dari tiga atau lima terbesar dari semua kementerian sampai saat ini. Meski begitu, Hamid menekankan Mahfud MD cuma mampu membeli rumah dalam gang.

"Itu bayangin, itu anggarannya salah satu yang terbesar dalam APBN kita sampai sekarang. APBN kita tuh ya pendidikan yang besar, pertahanan, PU, pertahanan mungkin jadi salah satu big 3 atau big 5. Nah orang yang lepas dari jabatan itu hanya mampu beli rumah di kampung," ujar Hamid.

Hamid mengungkapkan alasan membeli rumah di sana tidak lain untuk mendekati kediaman Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Ciganjur, Jakarta Selatan. Jika dilihat dari jarak waktunya, rumah Hamid dan Mahfud cuma 15 menit dari kediaman Gus Dur.

Hamid mengenang keluarga Mahfud sempat mendatanginya gara-gara rumah Mahfud tidak direnovasi. Ia menyampaikan adik ipar Mahfud saat itu datang meminta Hamid untuk berbicara kepada Mahfud karena selama ini dijawab tidak ada uang.

"Kata dia, kalau Mas Hamid yang ngomong dia mau dengar, saya tidak mau ngomong. Kalau dia sudah bilang tidak ada, artinya tidak ada, kamu jangan maksa maksa, ya gak mungkin kata adiknya, ya gak mungkin wong bekas menteri kok," kata Hamid.

Bagi Hamid, itu jadi salah satu penegasan lain kalau Mahfud MD memang merupakan sosok jujur dan bersih. Sebab, Hamid meyakini salah satu ciri pejabat korupsi bisa dilihat dari rumah atau apa saja yang ada dalam rumah dari pejabat tersebut.

"Saya tuh kenal banyak koruptor, jadi ini jadi itu, ada salah satu ciri koruptor, dimana pun. Ciri koruptor di manapun itu adalah tidak mampu menahan hasratnya untuk membeli rumah yang bagus. Pak Mahfud, kalau dia punya duit betul, duit itu akan muncul di dalam kemewahan rumahnya," ucap Hamid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement