Senin 22 Jan 2024 15:36 WIB

Kehadiran Erick-Khofifah Dinilai Perbesar Peluang Prabowo-Gibran Menang

Pengamat menilai kehadiran Erick Thohir dan Khofifah perbesar peluang menang Prabowo.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendampingi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
Foto: @erickthohir
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendampingi pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Analis politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, mengatakan kehadiran sosok Erick Thohir dan juga Khofifah Indar Parawansa saat forum debat cawapres, Ahad (21/1/2024) malam semakin menegaskan dukungan mereka terhadap pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Arifki menilai keduanya memiliki pengaruh dan popularitas yang tinggi sehingga dapat memberikan tambahan suara buat Prabowo-Gibran.

Baca Juga

“Tentu Erick dan Khofifah akan berdampak positif secara elektoral. Mereka dapat mengisi ruang kosong bagi tim Prabowo-Gibran menjelang masa kampanye selesai,” kata Arifki, kepada Republika, Senin (22/1/2024).

Arifki melihat semula banyak prediksi Erick tidak akan mendukung Prabowo ketika gagal dipilih menjadi cawapres. Tapi ternyata, Erick kembali mengukuhkan dukunganya Prabowo dan juga Gibran.

Arifki menilai Erick merupakan figur menonjol dan elektabilitasnya layak diperhitungkan ketika bursa cawapres masih terbuka. Agar pengaruh Erick dapat diarahkan sepenuhnya kepada Prabowo, Arifki menyarankan agar mereka berjuang memanfaatkan sisa waktu kampanye.

“Dukungan Erick harus maksimalkan waktu dan tenaga karena durasi cukup pendek, pembuktian memanfaatkan ruang kosong,” ujar Arifki.

Sedangkan kehadiran Khofifah lanjut Arifki juga untuk menambah pundi-pundi suara Prabowo-Gibran di Jawa Timur. Selain masih menjadi gubernur Jatim aktif, Khofifa adalah Ketua Muslimat NU.

“Emak-emak NU, itu kan dipegang Khofifah,” kata Arifki menambahkan.

Kehadiran Khofifah dan Erick dinilai akan menguatkan suara Prabowo di Jatim dan juga kalangan NU. Karena Erick juga diketahui sudah dianggap menjadi bagian keluarga besar NU.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement