Senin 22 Jan 2024 21:23 WIB

Kampanye Akbar, PSI Optimistis di Jateng

Kampanye akbar perdana ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.

Kampanye akbar perdana PSI dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.
Foto: istimewa
Kampanye akbar perdana PSI dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) optimistis mampu mendapatkan satu kursi DPR RI di setiap daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah. PSI menyebut hal ini berdasarkan banyaknya masyarakat yang hadir pada kampanye akbar perdana di Solo Jawa Tengah, Senin (22/1/2024).

"Itu tadi (targetnya), di DPR RI 1 Dapil 1 suara dan masing-masing kabupaten/kota ada 1 fraksi," kata Sekjen DPP PSI Raja Juli Antoni usai kampanye akbar perdana di Lapangan Jajar, Solo, Jawa Tengah, dalam keterangan persnya, Senin (22/1/2024). 

Baca Juga

Menurut dia, pemilihan Kota Solo sebagai lokasi kampanye akbar perdana PSI berdasarkan kalkulasi politik. Raja Juli menyebut PSI juga berada di peringkat kelima sebagai partai dengan suara terbanyak di Jawa Tengah, berdasarkan hasil survei Litbang media nasional. 

"Ini modal awal kampanye terbuka ini dan kami berharap Jawa Tengah akan melahirkan 1 kursi setiap dapil di Jateng. Pelan tapi pasti, Jateng akan menjadi kebun mawar yang wangi indah dan semerbak," jelasnya.

Kendati begitu, PSI enggan disebut mampu merebut suara PDI Perjuangan (PDIP) di Jawa Tengah. Raja Juli menekankan partainya ingin berkompetisi dengan sehat di Pemilu 2024. 

"Kita enggak pernah berpikir untuk mengikis dan mengurangi (suara) partai lain. Kita ingin berkompetisi dengan sehat, yakin bahwa PSI partai yang bisa meneruskan ide baik pekerjaan baik Pak Jokowi. Silahkan pilih PSI," tutur Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang itu. 

Dia mengakui kehadiran putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI menjadi penyemangat untuk partainya. 

"Tentu ini sesuatu yang baik yang dikabarkan kepada rakyat bahwa ada partai baru yang dapat meneruskan kerja-kerja baru Pak Jokowi," ucap Raja Juli.

Sebelumnya, kampanye akbar perdana Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Lapangan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo Jawa Tengah, Senin (22/1/2024) berlangsung cukup meriah. Ribuan pendukung PSI memenuhi Lapangan Jajar.

Kampanye akbar perdana ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep. Solo merupakan daerah yang spesial karena merupakan kota kelahiran dari Kaesang, Presiden Joko Widodo atau Jokowi, dan cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka.

Mantan vokalis grup band Nidji sekaligus Dewan Pembina PSI, Giring Ganesha ikut memeriahkan kampanye akbar perdana dengan menyanyikan 'Ojo Dibandingke'. Para pendukung yang hadir pun ikut berjoget bersama.

Kaesang juga memborong es teh yang dijual oleh sejumlah pedagang UMKM di Lapangan Jajar, Solo. Es teh itu lalu dibagi-bagikan kepada pendukungnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement