Selasa 23 Jan 2024 08:16 WIB

Dukungan Terus Mengalir, TKN: Pilpres Satu Putaran Cegah Polarisasi

Dukungan mengalir, TKN Prabowo-Gibran sebut pilpres satu putaran cegah polarisasi.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) mendapat dukungan dari Erick Thohir (kanan). Dukungan mengalir, TKN Prabowo-Gibran sebut pilpres satu putaran cegah polarisasi.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) mendapat dukungan dari Erick Thohir (kanan). Dukungan mengalir, TKN Prabowo-Gibran sebut pilpres satu putaran cegah polarisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Grace Natalie, merespons positif dukungan yang diberikan berbagai kelompok kepada pasangan capres-cawapres jagoannya. Dia berharap semua relawan untuk bergerak meyakinkan masyarakat memilih Prabowo-Gibran agar terwujud kemenangan dalam satu putaran Pilpres 2024.

Menurut Grace, pilpres satu putaran bisa menghemat anggaran negara. Elite TKN dalam sejumlah kesempatan menyebut biaya pilpres putaran kedua mencapai Rp 27 triliun. Biaya pilpres putaran kedua itu, kata Grace, bisa digunakan untuk mengeksekusi berbagai program yang berdampak langsung terhadap masyarakat.

Selain itu, kata dia, pilpres satu putaran juga mencegah penebalan polarisasi masyarakat akibat beda pilihan. Dengan pilpres berlangsung satu putaran, berarti memperpendek durasi pertarungan horizontal di tengah masyarakat.

"Pertarungan horizontal di masyarakat enggak usah panjang-panjang terbelahnya. Kalau kita bungkus sekali putaran, (Prabowo-Gibran) langsung bisa fokus ke program-program yang bisa dilakukan," kata Grace dalam acara deklarasi dukungan Relawan Alumni dan Akademisi di rumah Prabowo Subianto, Jakarta Selatan, Senin (22/1/2024).

Lebih lanjut, Grace menyebut pilpres dua putaran juga akan membuat ketidakpastian semakin berlarut-larut. Pelaku usaha, misalnya, masih ragu melakukan pergerakan bisnis karena masih menunggu hasil pemilu.

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu juga menyampaikan soal visi-misi Prabowo-Gibran. Menurutnya, visi-misi paslon nomor urut 2 itu prorakyat, sehingga sejalan dengan aspirasi anggota Relawan Alumni dan Akademisi yang sebagian di antaranya adalah aktivis reformasi.

Spirit reformasi, imbuh Grace, juga ditunjukkan Prabowo saat bergabung dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Keduanya menunjukkan jiwa besar karena mengesampingkan ego masing-masing untuk bekerja sama.

"Inilah reformasi spirit yang sebenarnya. Karena tidak mungkin kita reformasi, tidak mungkin kita membangun kalau narasinya masih gontokan-gontokan," kata Grace.

Sebagai catatan, Relawan Alumni dan Akademisi bukan kelompok pertama yang mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran dalam dua pekan terakhir. Hampir setiap hari selalu ada dua hingga empat kelompok relawan yang mendeklarasikan dukungan di depan kediaman Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement