Rabu 24 Jan 2024 15:38 WIB

Awalnya Dukung Anies, Puluhan Ribu Santri dan Kiai Jatim 'Membelot' ke Prabowo

Puluhan ribu santri dan kiai Jatim yang awalnya dukung Anies berpindah ke Prabowo.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bilal Ramadhan
Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Puluhan ribu santri dan kiai Jatim yang awalnya dukung Anies berpindah ke Prabowo.
Foto: Republika/Prayogi
Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Puluhan ribu santri dan kiai Jatim yang awalnya dukung Anies berpindah ke Prabowo.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 20 ribu santri dan kiai dari 15 pondok pesantren di Jawa Timur mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. Dukungan tersebut disampaikan dalam acara deklarasi akbar yang digelar di Lapangan Rejo mulyo, Kota Madiun, Jawa Timur, pada Selasa (23/1/2024).

Penanggung jawab acara sekaligus Pengurus Ponpes At-Thoillah Kota Madiun, Kiai Khafidz Izzudin mengatakan, dekalarasi akbar tersebut sebagai wujud kontribusi dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Ia meyakini, pasangan Prabowo-Gibran bisa membawa Indonesia menjadi negara maju, kuat, dan sejahtera.

Baca Juga

"Maka dari itu, kami menggagas untuk menyelenggarakan deklarasi dukungan terhadap Bapak Letjen TNI (Purn) H Prabowo Subianto Djojohadikusumo dan Bapak Gibran Rakabuming Raka," ujar Khafidz dalam siaran tertulis yang diterima Republika, Rabu (24/1/2024).

Koordinator acara, Gus Maulana, mengungkapkan, rata-rata santri dan kiai yang hadir awalnya mendukung paslon nomor urut 01, Anies-Muhaimin. Namun, kata dia, setelah mempelajari gagasan dari para Paslon, mereka lebih memilih mengalihkan dukungan terhadap paslon nomor urut 02, Prabowo-Gibran.

"Karena ini merupakan deklarasi perpindahan dukungan dari Paslon nomor 01 kepada Paslon nomir 02. Kami melaksanakan deklarasi akbar ini untuk membuka mata masyarakat agar mendukung Prabowo-Gibran," ujarnya.

Wakil Komandan Tim Relawan Kampanye Nasional Prabowo-Gibran untuk Pemilih Muda atau yang biasa disebut TKN Fanta, Ulta Levenia Nababan mengatakan, deklarasi akbar yang dihadiri para santri tersebut menunjukkan semakin banyak kalangan muda mendukung Prabowo-Gibran.

Ia meyakini, gelombang dukungan dari multietnis dan kalangan muda bisa membuat elektabilitas Prabowo-Gibran semakin tak terkejar. Ulta menyatakan, dukungan tersebut juga menandakan, tanpa menggunakan strategi politik identitas, pasangan Prabowo-Gibran dapat diterima kalangan santri dan para kiai.

"Kampanye kami tidak menggunakan politik identias tapi kami berhasil memenangkan hati para santri dan kiai di Jawa Timur," ujarnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement