Selasa 30 Jan 2024 08:52 WIB

Jokowi Makan Berdua Lagi dengan Prabowo, Ganjar: Simbol Dukungan

Jokowi dan Prabowo makan bakso bersama usai meresmikan gedung Akmil Magelang.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat makan bakso bersama usai meresmikan gedung Graha Utama Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).
Foto: Dok Republika
Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat makan bakso bersama usai meresmikan gedung Graha Utama Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo menanggapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto yang kembali makan berdua di Magelang, Jawa Tengah. Menurutnya, hal tersebut merupakan simbol yang menunjukkan ke mana arah dukungan Jokowi pada Pilpres 2024.

"Saya kira itu simbol yang makin meyakinkan dukungan Pak Jokowi ke mana dan buat kami makin bagus. Apalagi kalau ada statement terbuka, sehingga nanti tidak ada interpretasi lain dan kami sangat menghormati itu," ujar Ganjar kepada wartawan, Senin (29/1/2024).

Baca Juga

Kendati demikian, ia juga menyoroti Jokowi dan Prabowo yang semakin bias di tengah masa kampanye ini. Sebab publik akan menilai, keberpihakan Presiden akan semakin menimbulkan prasangka konflik kepentingan sebelum Jokowi mengajukan cuti.

"Maka masyarakat sipil semua meminta netral lah, jangan berpihak lah, kalau anda punya kewenangan gunakan sesuai aturan. Itu yang hari ini menjadi perdebatan," ujar Ganjar.

"Maka jangan sampai kita mempertaruhkan demokrasi kita yang semakin berjalan dengan baik dengan perilaku-perilaku yang barangkali tidak mengikuti ketentuan," sambung mantan gubernur Jawa Tengah itu.

Diketahui, Jokowi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang juga calon presiden (capres) nomor urut 2 makan bakso bersama di Pasar Bandongan Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/20204). Momen makan bersama ini dilakukan keduanya usai meresmikan gedung Graha Utama Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Keduanya tampak duduk berhadapan dan sambil berbincang. Selain bakso, di meja makan juga tampak disajikan kelapa muda dan juga segelas teh. “Ya ini kan tadi baru ini kan baru saja saya dengan pak Prabowo meresmikan graha utama di akademi militer Magelang, setelah itu, makan bakso, sudah,” kata Jokowi usai makan bakso bersama Prabowo Subianto.

Saat ditanya apa saja yang dibahas berdua ketika makan siang bersama, Jokowi mengaku hanya membahas soal menu makanan. “Ngobrolin bakso, ngobrolin kelapa muda, ngobrolin tahu goreng, udah gitu,” kata Jokowi.

Sementara itu, Prabowo mengaku bakso yang disantapnya bersama Jokowi tersebut enak. Menurutnya, Jokowi mengetahui banyak tempat makan yang enak. “Pak Jokowi tahu di mana makan enak, di mana-mana udah tahu beliau,” ujar Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement