Kamis 01 Feb 2024 14:43 WIB

Sambut Dukungan Petani Sawit, TKN Prabowo: Tambah Kekuatan Menang Satu Putaran

Petani sawit optimistis Prabowo-Gibran menang pada pilpres 2024.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Erdy Nasrul
Capres nomor urut 2 sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat diwawancarai wartawan usai menjadi berpidato dalam acara Trimegah Political and Economic Outlook 2024 di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Jakarta, Rabu (31/1/2024).
Foto: Republiika/Febryan A
Capres nomor urut 2 sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat diwawancarai wartawan usai menjadi berpidato dalam acara Trimegah Political and Economic Outlook 2024 di The Ritz-Carlton Jakarta Pacific Place, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komandan Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo -Gibran, Haris Rusli Moti menyambut baik adanya dukungan dari Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) di Pilpres 2024. Haris meyakini dukungan itu dapat mewujudkan kemenangan Prabowo-Gibran dalam satu putaran. 

APPKSI baru saja mendeklarasikan dukungannya terhadap capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dukungan diberikan lantaran pasangan calon (paslon) nomor urut 2 itu dinilai paling memperhatikan nasib petani plasma sawit.

Baca Juga

"Ini akan menambah kekuatan politik untuk menangkan satu putaran di Pilpres 2024," kata Haris dalam keterangannya pada Kamis (1/2/2024).

Haris mengatakan sejumlah usulan APPPKSI akan terwujud bila Prabowo-Gibran menang pada pilpres 2024. Keyakinan itu menurutnya bisa dilihat dari program Prabowo-Gibran yang memperhatikan nasib para petani serta petani sawit.

"Lima usulan APPKSI akan terwujud bila Prabowo-Gibran menang pada pilpres 2024. Silakan lihat program Prabowo-Gibran yang memperhatikan nasib para petani serta petani sawit," ujar Haris.

Adanya dukungan APPKSI ini menurut Haris menjadi tanggungjawab presiden-cawapres nomor urut 2 agar memberikan kehidupan layak bagi para petani, khususnya petani sawit. Haris menjanjikan harapan para petani sawit bakal diwujudkan.

"Ini membuktikan presiden-cawapres nomor urut dua memberikan harapan baru bagi para petani sawit," ujar Haris.

 

Sebelum menyatakan dukungan, APPKSI mendatangi kediaman Prabowo pada Kamis (25/1/2024). Ini dilakukan guna menyampaikan sejumlah harapan petani plasma sawit, apabila Prabowo-Gibran terpilih menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia. Prabowo pun setuju dengan usulan APPKSI yang memiliki anggota 2,5 juta petani plasma sawit ini.

 

"Pertama kami meminta agar dana pungutan ekspor CPO yang dihimpun oleh BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) agar dialokasikan bagi pendidikan anak-anak kami dalam bentuk pembangunan sarana dan prasarana pendidikan serta program beasiswa bagi anak anak petani dan pekerja di perkebunan sawit," ujar Sekretaris Jendral APPKSI Arifin Nur Cahyono.

 

Usulan kedua dari APPKSI agar adanya program pemerintah untuk membangun sekolah menengah kejuruan (SMK)terkait perkebunan kelapa sawit di daerah perkebunan sawit.

 

"Ketiga, yaitu dana pungutan ekspor CPO agar dialokasikan untuk pembangunan sarana dan prasarana kesehatan di daerah areal perkebunan sawit dan pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar areal perkebunan sawit," ujar Arifin.

 

Usul keempat APPKSI ke Prabowo-Gibran yaitu soal dana pungutan ekspor CPO agar digunakan untuk program pinjaman dana revitalisasi kebun-kebun petani plasma dan mandiri. 

 

"Kelima, adalah mempercepat program sertifikasi lahan lahan perkebunan sawit para petani sawit plasma dan mandiri," ujar Arifin.

 

Oleh karena itu, Arifin merasa usulan APPKSI kepada Prabowo-Gibran terbilang wajar. 

 

"Karena selama ini dana pungutan ekspor CPO tidak dirasakan oleh para stakeholders perkebunan sawit terutama para petani sawit," ujar Arifin. 

 

Diketahui, BPDPKS menyatakan dana pungutan ekspor yang telah terkumpul sejak Januari-Juni 2023 sekitar Rp 15 triliun. Adapun proyeksi penerimaan dana pungutan ekspor tahun ini mencapai sekitar Rp 30 triliun.

 

Direktur Utama BPDPKS Eddy Abdurrachman menyampaikan, dana pungutan ekspor sawit yang telah terkumpul hingga Mei 2023 mencapai Rp 186,6 triliun, dan digunakan untuk sejumlah hal. Di antaranya untuk penyaluran program biodiesel, program peremajaan sawit rakyat (PSR), program pelatihan, dukungan penyediaan sarana prasarana pekebun sawit, penelitian, dan lainnya.

 

Tercatat, penyaluran untuk program PSR hingga Mei 2023 sebesar Rp 7,78 triliun, penyaluran untuk program biodiesel mencapai Rp 146,56 triliun, program pelatihan Rp 366,53 miliar, dan penelitian sebesar Rp 519,6 miliar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement