Ahad 04 Feb 2024 20:59 WIB

Prabowo Tegaskan Kurangnya 140 Ribu Dokter Jadi Masalah Utama Kesehatan Indonesia

Prabowo fokus pada peningkatan jumlah CT Scan dan Pet Scan di seluruh Indonesia

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto. Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menekankan akan menyelesaikan permasalahan kesehatan di Indonesia dengan cara yang solutif langsung
Foto: Republika.co.id
Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto. Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menekankan akan menyelesaikan permasalahan kesehatan di Indonesia dengan cara yang solutif langsung

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menekankan akan menyelesaikan permasalahan kesehatan di Indonesia dengan cara yang solutif langsung dan cepat. Ia menekankan, bahwa permasalahan kesehatan di Indonesia adalah kurangnya tenaga kesehatan dalam hal ini dokter spesialis.

"Kita kurang 140 ribu dokter itu utama bayangkan kalau ada yang kena stroke atau serangan jantung, dua sebab yang paling besar kematian di beberapa kabupaten tidak ada spesialis jantung atau spesialis stroke," ucap Prabowo dalam Debat terakhir atau debat pamungkas Pilpres 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Ahad (4/2/2024).

Selain itu, fasilitas dan teknologi kesehatan di Indonesia pun masih sangat jauh tertinggal. Seperti alat pendeteksi kanker atau Pet Scan di Indonesia hanya ada tiga yakni di Jakarta, Bandung dan Kalimantan. Padahal, salah satu upaya pencegahan yang efektif adalah deteksi dini sehingga jika ada potensi kanker dapat ditangani segera.

"Perlengkapan-perlengkapan yang memadai CT Scan dan Pet Scan jarang ada di kabupaten ini harus kita atasi dan ini bisa kita atasi jadi solutifnya demikian," ucapnya.

Selain itu, hal yang paling penting dalam preventif adalah makanan yang bergizi untuk anak-anak dan ibu yang sedang hamil maupun menyusui. "Makan bergizi ini mengingatkan daya tahan imunitas mencegah penyakit ini adalah strategis sekali makan bergizi untuk anak-anak Indonesia," kata Prabowo.

Prabowo juga berjanji akan segera mempercepat mengatasi permasalahan utama kesehatan Indonesia terutama perihal masih kurangnya tenaga kesehatan. Salah satunya adalah dengan menambah 300 Fakultas Kedokteran.

"Saat ini kita kekurangan sekitar 140.000 dokter dan itu akan kita segera atasi dengan cara kita akan menambah fakultas kedokteran di Indonesia, dari yang sekarang 92 kita akan membangun 300 fakultas kedokteran," ujar Prabowo.

Ia juga mengatakan akan memberikan beasiswa kepada 10 ribu lulusan SMA berprestasi untuk belajar ke luar negeri. " Kami akan akan beri 10 ribu anak pintar beasiswa ke luar negeri untuk belajar kedokteran dan 10 ribu lagi untuk belajar sains teknologi enginering dan matematika kimia biologi dan fisika itu, kita rebut teknologi kita rebut sains," ujar Prabowo.

Debat terakhir atau debat pamungkas Pilpres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Ahad (4/1/2024) pukul 19.00 WIB. Sesuai giliran, Prabowo mendapat kesempatan berbicara pertama untuk memaparkan visi-misinya.

Tema besar debat kelima ini adalah kesejahteraan sosial, pembangunan SDM, dan inklusi. Adapun sub temanya adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement