Senin 05 Feb 2024 09:59 WIB

Gandeng Korporasi Singapura, Relawan Prabowo-Gibran Gunakan Teknologi untuk Kampanye

Konco Kulo Gibran menggandeng Saakuru Labs

Kelompok Konco Kulo Gibran menggandeng perusahaan dari Singapura untuk melakukan kampanye pada pemilu presiden 2024 dengan menggunakan teknologi.
Foto: Dok. Kkg
Kelompok Konco Kulo Gibran menggandeng perusahaan dari Singapura untuk melakukan kampanye pada pemilu presiden 2024 dengan menggunakan teknologi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok Konco Kulo Gibran menggandeng perusahaan dari Singapura untuk melakukan kampanye pada pemilu presiden 2024 dengan menggunakan teknologi.

Penasehat Relawan Konco Kulo Gibran Rosan Roeslani mengungkapkan, Konco Kulo Gibran menggandeng Saakuru Labs, perusahaan terkemuka dari Singapura yang menggunakan AI, Web3, dan Blockchain untuk kampanye presiden.

Baca Juga

“Dengan menggandeng Saakuru Labs, kami akan menggunakan teknologi dalam kampanye presiden dan ini akan menjadi yang pertama. Nantinya akan bisa diikuti dan dijadikan contoh untuk kegiatan-kegitan nasional yang lain,” kata Rosan, Senin (5/2/2024).

Rosan menambahkan, Indonesia memiliki anak-anak muda yang bertalenta dan berkomitmen untuk memanfaatkan teknologi terdepan. Salah satunya adalah pembuatan gim online The Duo Run yang secara khusus dirancang untuk menyasar pemilih muda Indonesia yang jumlahnya sangat signifikan

“Gerakan Relawan “Konco Kulo Gibran: THE DUO” merupakan langkah revolusioner dalam melibatkan generasi muda Indonesia karena saat ini, lebih dari setengah populasi kita adalah generasi muda yang mencapai sekitar 140 juta orang, ternyata diantara anggotanya yang beragam, terdapat anak-anak muda bertalenta. Semoga ke depannya pemuda Indonesia memiliki akses tak tertandingi untuk belajar dan membangun karier di sektor teknologi global,” tambah Rosan.

Pembina Relawan Konco Kulo Gibran Boy Rafli menambahkan, inisiatif yang dilakukan Konco Kulo Gibran diharapkan mampu merangkul berbagai lapisan masyarakat.

“Dalam perjalanan panjang kami, saya telah menyaksikan bagaimana Konco Kulo Gibran berkembang dari sebuah gagasan menjadi sebuah gerakan nyata. Saya melihat semangat dan kekuatan dari Jawa Timur, dari nelayan, petani, pelaku UMKM, dan masyarakat umum yang bersatu padu untuk mewujudkan perubahan positif di tanah air kita yang nantinya semangat yang sama akan bermultiplikasi secara nasional oleh Pasangan Prabowo - Gibran sebagai Presiden dan wakil presiden Indonesia 2024,” kata Boy.

Saakuru Labs memahami bahwa ini saatnya menunjukkan peran Indonesia sebagai pelopor kelas dunia dalam hilirisasi digital melalui penerapan teknologi mutakhir Web3, Blockchain, dan AI dalam kampanye ini. "Konco Kulo Gibran: THE DUO" bukan hanya sekedar kampanye, tetapi juga kunci untuk membuka akses ke Platform EdTech yang menggamifikasikan pendidikan (membuat pembelajaran dalam bentuk permainan sehingga menjadi menarik dan menyenangkan), meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris secara pesat (yang sebelumnya perlu 3 tahun kini hanya butuh 3 bulan saja untuk fasih dengan teknologi Artificial Intelligence), memahami teknologi Web3, dan membuktikan bahwa kecerdasan buatan (AI) dapat menciptakan pengalaman belajar yang efektif menuju Indonesia Emas.

Sebelumnya, Relawan Konco Kulo Gibran meluncurkan gim online The Duo Run yang tersedia dalam perangkat Android dan iOS. Gim ini bisa dimainkan secara gratis oleh seluruh masyarakat Indonesia.

The Duo Run" adalah gim balap lari yang memadukan keseruan lari dengan misi mulia. Dalam gim ini, Prabowo dan Gibran mencoba mengalahkan koruptor yang digambarkan sebagai beruang besar yang mencoba menghalangi keduanya untuk menyelesaikan lari.

Founder Relawan Konco Kulo Gibran Sofia Koswara menambahkan, sebagai bagian dari kampanye edukasi politik, "The Duo Run" mengajak anak muda Indonesia untuk aktif dalam proses pemilihan umum pada tanggal 14 Februari 2024. Himbauan ini diterapkan dalam gim dengan mengingatkan pemain untuk berpartisipasi mereka dalam Pemilu 2024, tanpa memandang pilihan mereka.

“Sebagai orang yang banyak berhubungan dengan pihak dalam dan luar negri, saya melihat potensi anak muda Indonesia yang luar biasa yang seharusnya dapat di asah dan dapat bertarung di ajang dunia, seperti game The Duo Run ini, hasil karya anak bangsa yang meskipun sekarang sebagian  berada di luar negri namun mau membuat game yang dipersembahkan untuk memeriahkan pemilu di Indonesia, artinya para pemuda ini sudah sadar betul dan mau ikut menjadi bagian dari perubahan yang terjadi di tanah airnya sendiri,” ungkap Sofia.

Sebagai salah satu bentuk dalam menghadirkan sebuah kampanye politik yang lebih menyenangkan, Relawan Konco Kulo Gibran meluncurkan Lomba Game Nasional “PIALA DUO” berhadiah seru senilai ratusan juta rupiah dalam 3 kategori: “MaBar” (Main Bareng) DUO Run, “NyaBar” (Nyanyi Bareng) DUO Karaoke, dan “JoBar” (Joget Bareng) DUO Goyang Gemoy, bersama Avatar “THE DUO” Prabowo-Gibran. Tujuan Lomba ini adalah untuk membuka wawasan kita bahwa ternyata teknologi itu mudah dan menyenangkan. 

 

Pemenang Hadiah Utama Mobil Daihatsu New Ayla dan Makan Bareng Prabowo-Gibran akan diumumkan di Kampanye Akbar pada tanggal 10 Februari 2024, bersama ratusan ribu pendukung Paslon 02 di GBK, Jakarta. Untuk lebih meriah, setiap hari sampai dengan tanggal 14 Februari 2024, 222 perserta beruntung akan meraih hadiah Saldo OVO Rp 22.222 per pemenang harian.

Terkait teknologi, Prabowo Subianto saat debat ke-5 calon presiden di JCC, Jakarta Pusat, ahad (4/1/2024) mengatakan pembangunan infrastruktur di bidang teknologi harus selalu dimulai dari pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Pembangunan SDM difokuskan pada sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). "Ini harus kita dukung terus," ujar Prabowo, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement