Senin 05 Feb 2024 20:01 WIB

Mantan Mendag M Lutfi Gaet Dukungan Pesantren Dukung Prabowo-Gibran

M Lutfi menjelaskan Prabowo-Gibran secara tegas akan melanjutkan program hilirisasi.

Mantan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.
Foto: Dok Republika
Mantan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi silaturahmi bersama tim Erick Thohir, menggaet dukungan jejaring dari pesantren untuk kemenangan calon Presiden Prabowo Subianto dan calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming dalam Pemilu 2024.

Lutfi saat silaturahmi ke Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, tersebut menjelaskan tentang alasan harus memilih Prabowo-Gibran pada pelaksanaan pemberian hak suara, 14 Februari 2024, di antaranya karena Prabowo-Gibran secara tegas akan melanjutkan program hilirisasi yang telah dijalankan Presiden Jokowi. Tanpa hilirisasi atau pembuatan produk di dalam negeri, Indonesia tidak akan bisa maju.

Baca Juga

"Kalau Indonesia mau maju, hanya satu tiketnya, kita harus pilih pemimpin yang bisa menghasiljan produk-produk asli Indonesia semakin mendunia. Program hilirisasi Pak Jokowi yang luar biasa harus dilanjutkan. Pemimpin itu adalah Prabowo-Gibran," kata M. Lutfi dalam rilis yang diterima, Ahad (5/2/2024).

Lutfi juga menjelaskan program makan siang dan susu gratis bagi anak-anak Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memperkuat generasi penerus bangsa.

Dirinya pun mengingatkan pentingnya program tersebut untuk bisa melahirkan generasi yang sehat dan pintar, menyongsong Indonesia emas 2045.

Lutfi juga mengingatkan para santri dan pengasuh Ponpes Tambakberas Jombang, untuk selalu menjaga Islam di negeri ini sebagai Islam yang Rahmatan Lil Alamin, yakni Islam yang toleran dan moderat.

"Saya titip Ponpes Tambakberas untuk menjaga Islam Indonesia tetap moderat, rahmatan lil ‘alamin. Untuk itu kita harus memilih pemimpin yang benar. Prabowo-Gibran punya komitmen kuat tentang hal tersebut. Kita menangkan satu putaran," kata dia.

Ia juga mengaku bersama tim Erick Thohir, sudah mendatangi puluhan pesantren di Jatim untuk menjahit dukungan komunitas santri dan nahdliyin bagi Prabowo-Gibran.

Menurut dia, gerakan ini terbukti membuahkan hasil. Dukungan pesantren di Jatim menguat kepada pasangan calon nomot urut 2. Hasil survei Indikator terbaru menunjukkan pasangan ini menuai elektabilitas 56,2 persen.

Di sela kunjungannya itu, Pimpinan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Kabupaten Jombang, K.H. Wafiyul Ahdi atau Gus Wafi membacakan maklumat dukungan untuk kemenangan Prabowo-Gibran pada Pemilu Presiden 2024.

Ribuan santri berkumpul dalam acara yang bertajuk "Mudzakarah Indonesia Maju" tersebut. Kegiatan itu juga disaksikan puteri pertama pendiri NU K.H. Wahab Chasbullah, Nyai Mahfudhoh Aly Ubaid.

Sementara itu, Gus Wafi mengatakan dari pihaknya memang mendukung pasangan Prabowo-Ganjar dalam Pemilu 2024. Pihaknya mengapresiasi kehadiran mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi di pesantren ini.

"Kami segenap santri dan pengasuh Ponpes Tambakberas Jombang mengajak semua pihak untuk mendukung pasangan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2024-2029," ujar Gus Wafi.

Nyai Mahfudhoh Aly Ubaid menambahkan untuk kemenangan Prabowo-Gibran, pihaknya telah melaksanakan tirakat berupa shalat hajat 100 rakaat disertai zikir-zikir tertentu. Tirakat itu pula yang dilakukan saat dirinya mendukung Jokowi di Pilpres dua periode sebelumnya. Dimana saat itu Jokowi dinyatakan menang.

"Kami ingin melihat Indonesia lebih maju, merangkul NU, berpihak kepada Islam," kata Nyai Mahfudhoh Aly Ubaid.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement