Selasa 06 Feb 2024 17:20 WIB

Survei Poltracking: Mayoritas Pemilih NU di Jatim Dukung Prabowo-Gibran

Dari pemilih yang merasa dekat dengan NU, survei sebut 60,9 persen dukung Prabowo.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Capres Prabowo Subianto
Foto: EPA-EFE/MADE NAGI
Capres Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Poltracking Indonesia mendapati wilayah Jawa Timur (Jatim)  didominasi pengikut Nahdlatul Ulama (NU). Poltracking menemukan mayoritas pemilih dari kalangan NU menjatuhkan hati pada pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hal tersebut diperoleh dalam survei yang diadakan Poltracking. Survei ini untuk mengukur peta kekuatan elektoral terkini capres - cawapres dan partai politik di Jatim mendekati hari pemilihan pada 14 Februari 2024. 

 

"Hampir 80% publik (di Jatim) merasa dekat dengan atau berasosiasi dengan organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU)," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda dalam paparannya pada Selasa (6/2/2024). 

 

Dari pemilih yang merasa dekat atau berasosiasi dengan NU, sebanyak 15,3% memilih pasangan nomor urut 1  Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Sedangkan yang memilih pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud MD di angka 16,3%.

 

"Sementara yang memilih pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka mencapai 60.9%," ujar Hanta. 

 

Hanta mengamati tren basis pemilih NU kepada Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar cenderung stabil dengan kenaikan tipis hanya 0.7%. Sedangkan Ganjar Pranowo - Mahfud MD justru anjlok perolehan suaranya di kalangan NU di Jatim.  "Ganjar Pranowo - Mahfud MD mengalami penurunan 21.7%," ujar Hanta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement