Kamis 08 Feb 2024 13:18 WIB

Pemilu 2024, Kaesang Sudah Keliling 34 Provinsi dan 118 Kabupaten/Kota

Kaesang berkampanye memastikan partainya lolos ambang batas parlemen.

Kaesang Pangarep menghadiri kampanye akbar pasangan
Foto: istimewa
Kaesang Pangarep menghadiri kampanye akbar pasangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep melakukan kampanye dan menyapa warga untuk memastikan partainya lolos ambang batas parlemen. Hasilnya sejumlah survei menunjukkan PSI mampu memperoleh suara 4 persen.

"Saya sendiri setelah menjadi ketua umum juga mutar ke-34 provinsi, 118 kota dan kabupaten. Sudah kami putar. Jadi, saya rasa itu juga salah satu efek kenapa (berdasarkan hasil survei) kami bisa lolos ambang untuk masuk parlemen," kata Kaesang di Medan, Sumatera Utara, dalam keterangan persnya, Rabu (7/2) malam.

Baca Juga

Pengurus PSI yang mengikuti kegiatan makan malam bersama Presiden Jokowi itu, di antaranya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSI Raja Juli Antoni, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan sejumlah kader muda PSI.

Dalam kesempatan yang sama, Kaesang mengaku bersyukur atas hasil survei yang menunjukkan bahwa elektabilitas PSI mampu mencapai empat persen.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 414 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, disebutkan bahwa partai politik peserta pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara, yakni paling sedikit empat persen dari jumlah suara sah secara nasional untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi anggota DPR.

Dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah survei menunjukkan PSI mampu meraih elektabilitas sebesar 4 persen, bahkan lebih. Di antaranya, survei dari Data Riset Analitika yang menunjukkan PSI memperoleh suara sebesar 4,3 persen. Jumlah persentase tersebut menunjukkan bahwa partai yang mengklaim sebagai partai anak muda itu dapat masuk ke DPR setelah gagal pada Pemilu 2019.

Berikutnya, survei terbaru dari Jakarta Research Center (JRC) memprediksikan PSI bakal melenggang ke Senayan dengan mengantongi elektabilitas sebesar 4,7 persen. Ada pula survei dari Lembaga Survey and Polling Indonesia (SPIN) yang menunjukkan bahwa elektabilitas PSI sebesar empat persen.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement