Jumat 09 Feb 2024 16:29 WIB

Survei Poltracking: Prabowo-Gibran Memimpin dengan 50,9 Persen

Survei Poltracking Indonesia sebut Prabowo-Gibran memimpin dengan 50,9 persen.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Capres dan cawapres nomor urut 1, 2 dan 3 Anies Baswesan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Poltracking sebut Prabowo-Gibran memimpin.
Foto: Republika/Prayogi
Capres dan cawapres nomor urut 1, 2 dan 3 Anies Baswesan dan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Poltracking sebut Prabowo-Gibran memimpin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis hasil survei terbaru terkait simulasi surat suara tiga pasangan calon capres cawapres 2024. Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR menyampaikan, pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memimpin perolehan suara yang mencapai 50,9 persen.

Kemudian diikuti pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebesar 25,1 persen. Dan di posisi ketiga yakni pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang memperoleh suara 18,4 persen. Dalam survei yang dilakukan Poltracking Indonesia, sebanyak 5,6 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca Juga

“Pasangan 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar perolehannya 25,1 persen. Kemudian yang kedua adalah Prabowo-Gibran di paslon 02 perolehannya 50,9 persen, ini sudah menembus di angka 50 dibandingkan survei-survei kita sebelumnya ini. Kemudian ketiga, paslon 03 Ganjar-Mahfud MD perolehan elektabilitas 18,4 persen. Kemudian yang belum menentukan pilihan masih 5,6 persen,” jelas Hanta Yuda saat pemaparan hasil survei Poltracking Indonesia bertajuk ‘Siapa Pemenang Pemilu 2024?’ di Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Hanta Yuda menjelaskan, tren perolehan suara paslon Anies-Muhaimin mengalami turun naik. Pada periode terakhir yakni Januari-Februari, tren perolehan suara relatif stabil atau stagnan, yakni di angka 26,9 persen.

Sedangkan paslon Ganjar-Mahfud juga mengalami stagnansi suara meskipun ada sedikit penurunan. Sementara untuk pasangan Prabowo-Gibran cenderug fluktuatif, namun terjadi kenaikan sejak awal November 2023 hingga awal Februari 2024.

Survei ini dilakukan pada periode 27 Januari hingga 2 Februari 2024 menggunakan metode multistage random sampling. Survei dilakukan secara tatap muka, dengan melibatkan 1.220 responden dan margin of error sebesar 2,9 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement