Ahad 11 Feb 2024 19:56 WIB

Bawaslu Cianjur Gencarkan Patroli Medsos Selama Masa Tenang Kampanye

Masyarakat diminta menghapus setiap postingan yang mengandung kampanye.

Baliho kampanye capres, cawapres, para caleg rusak dan tumbang tertiup angin di daerah Cipanas, Kabupaten Cianjur, Sabtu (19/1/2024). Baliho rusak itu menggangu keindahan lokasi dan menjadi sampah yang mengotori tempat itu.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Baliho kampanye capres, cawapres, para caleg rusak dan tumbang tertiup angin di daerah Cipanas, Kabupaten Cianjur, Sabtu (19/1/2024). Baliho rusak itu menggangu keindahan lokasi dan menjadi sampah yang mengotori tempat itu.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat lakukan patroli media sosial (medsos) pada masa tenang kampanye Pemilu 2024. Ini guna menghindari pelanggaran yang dapat dilakukan partai politik peserta pemilu termasuk calon anggota legislatif dan pemilih.

Komisioner Bawaslu Cianjur Tatang Sumarna mengatakan tiga hari menjelang Pemilu 14 Februari 2024, seluruh peserta dilarang melakukan kampanye dalam bentuk apapun secara langsung atau daring.

Baca Juga

"Tidak hanya caleg atau partai politik, masyarakat umum pemilik akun media sosial pun diminta untuk menghapus setiap postingan yang mengandung kampanye selama masa tenang," katanya, Ahad (11/2/2024).

Akun media sosial yang sudah didaftarkan partai politik dan peserta sebelumnya ke KPU dan Bawaslu Cianjur, secara resmi harus ditutup dan setiap postingan di akun media sosial lain harus dihapus.

Seluruh postingan yang sudah ditayangkan di media sosial resmi atau pribadi terkait kampanye dan ajakan memilih salah satu pasangan, partai atau caleg harus dihapus pemiliknya agar tidak masuk dalam pelanggaran Pemilu yang berdampak pada pemilik dan calon yang didukung.

"Kami menggencarkan patroli dan pengawasan di media sosial untuk memastikan tidak ada kampanye di masa tenang, termasuk memastikan tidak ada lagi postingan terkait kampanye di akun media sosial resmi atau masyarakat umum," katanya.

Patroli media sosial, tambah dia, meliputi Instagram, Facebook, Tiktok, ataupun medsos lainnya serta media online dan media cetak. Ketika didapati masih ada yang melakukan kampanye di masa tenang akan diproses sesuai ketentuan.

Ketua Bawaslu Cianjur Asep Tandang mengatakan memasuki masa tenang, ia bersama petugas gabungan telah melakukan penertiban puluhan ribu alat peraga kampanye milik peserta Pemilu 2024 yang masih terpasang di sejumlah wilayah.

"Kami bersama Satpol PP Cianjur, Dinas Perhubungan Cianjur di bawah pengawasan TNI/Polri sejak Ahad dini hari sampai dua hari ke depan akan menurunkan seluruh APK peserta Pemilu 2024, termasuk di kecamatan dan desa melibatkan Panwascam dan pengawas desa," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement