Jumat 23 Feb 2024 17:11 WIB

Pentingnya Kolaborasi untuk Saling Jaga di Tengah Riuh Informasi Pemilu 2024 di Medsos

TikTok menggandeng 17 mitra pengecekan fakta yang mendukung 50 bahasa dari 100 negara

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agus raharjo
Logo Tiktok.
Foto:

Enda membagi cara membedakan hoaks yang kasar yang sifatnya fabrikasi fakta atau data. Paling gampang yakni dengan mencari langsung sumber beritanya. Jika ada beberapa sumber informasi yang menyatakan hal yang sama, maka itu bisa dipercaya. 

Enda juga menyarankan pembaca mencari sumber media konvensional kredibel untuk mengecek kebenaran informasi. Di sisi lain, platform media sosial sebenarnya sudah menerapkan metode pengecekan fakta lebih dalam.

Berdasarkan pemantauan Republika.co.id, salah satu platform yang menyediakan informasi kredibel seputar pemilu adalah TikTok. Platform yang ramai belakangan ini menyediakan laman khusus bertajuk Pusat Panduan Pemilu 2024.

Menurut TikTok, laman yang bisa diakses di dalam aplikasi sejak tahun lalu ini ingin membantu masyarakat mendapatkan berbagai informasi kredibel dan tepercaya terkait pemilu, mulai dari informasi mengenai persyaratan dan tata cara dalam pemungutan suara, hitung mundur tanggal pemungutan suara, dan informasi tempat pemungutan suara (TPS).

Pengguna juga bisa mengakses informasi penting apa saja yang perlu diketahui seputar pemilu melalui fitur Kilas Pemilu 2024 di dalam hub. Selain itu, hub ini juga menyediakan informasi tambahan bagi pemilih di luar negeri dan informasi khusus bagi pemilih penyandang disabilitas.

Pengguna TikTok juga dapat memanfaatkan alat pelaporan dalam aplikasi untuk melaporkan konten berisi misinformasi. Pada laman Pusat Panduan Pemilu 2024, TikTok telah menambahkan label untuk konten-konten yang berhubungan dengan Pemilu 2024. 

Melalui label-label ini, pengguna dapat mengakses Pusat Panduan Pemilu 2024 dan mendapatkan informasi mengenai pemilu. TikTok juga memberikan akses pada tagar pemilu yang populer, seperti #SalingJagaPemilu dan #Pemilu2024 agar pengguna dapat dengan mudah mencari konten bertemakan Pemilu.

Selanjutnya...

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement