Rabu 14 Feb 2024 06:28 WIB

Baca Doa Pendek Ini Saat Hendak Mencoblos di TPS, Berikut Manfaatnya

Doa diberikan pemimpin yang terbaik sangat dianjurkan

Ilustrasi mencoblos. Doa diberikan pemimpin yang terbaik sangat dianjurkan
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi mencoblos. Doa diberikan pemimpin yang terbaik sangat dianjurkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Hari ini, Rabu (14/2/2024), bangsa Indonesia melaksanakan hajatan besar yaitu Pemilihan Umum 2024. Perhelatan lima tahun ini akan menentukan para wakil rakyat yang duduk di legislatif dan calon presiden dan wakil presiden. 

Sebagai ikhtiar untuk mendapatkan pemimpin terbaik adalah berdoa agar diberikan para pemimpin yang amanah dan bertanggung jawab. Doa ini bisa dibaca ketika berada di tempat pemungutan suara (TPS). Di antara doa itu adalah sebagai berikut: 

Baca Juga

Lafaz: 

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا

Latin: 

Allahumma la tusallith alaina bidzunubina malla yakhafuka final wa layarhamna 

Terjemah: 

"Ya Allah! Janganlah Engkau jadikan pemimpin kami disebabkan dosa-dosa kami orang yang tidak takut kepada-Mu dan tidak mempunyai belas kasihan kepada kami."

Anjuran doa

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah yang diterbitkan oleh Pustaka Kalbu, menjelaskan, doa adalah senjatanya orang beriman.

Setiap kita punya kebutuhan, maka hendaklah manusia berdoa kepada Allah SWT, mohonlah kepada Allah SWT agar keinginan terpenuhi. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran" (QS Al Baqarah ayat 186).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement