Rabu 14 Feb 2024 10:01 WIB

Usai Coblos, Jokowi Harap Pesta Demokrasi Berlangsung Jujur Adil

Jokowi dan Iriana berada di bilik suara TPS di Gambir, Jakpus sekitar tiga menit.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi saat tiba di TPS 10 Gambir untuk mencoblos di Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi saat tiba di TPS 10 Gambir untuk mencoblos di Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan hak suaranya di TPS 10 yang berlokasi di gedung Lembaga Administrasi Negara, Jalan Veteran Nomor 10, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). Dia datang bersama Iriana Jokowi sekitar pukul 08.48 WIB.

 

"Ya alhamdullilah baru saja saya tadi bersama dengan bu Iriana telah melakukan pencoblosan dalam rangka pemilihan Presiden dan Wapres. Kemudian DPR RI, DPD RI, dan DPRD Kota Jakarta," ujar Jokowi usai pencoblosan.

 

Dia pun berharap, pesta demokrasi ini benar-benar menjadi pesta rakyat yang berlangsung jujur, adil, langsung, bebas, dan rahasia. Selain itu, juga diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan kegembiraan.

 

Presiden Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan Iriana mengenakan baju muslim kurung berwarna hijau sage. Setelah tiba di TPS 10, Jokowi dan Iriana langsung disambut oleh petugas keamanan TPS, kemudian ia melakukan pendaftaran di meja registrasi.

 

Setelah itu, Jokowi dan Iriana duduk di kursi yang sudah disiapkan untuk para pemilih. Saat eks gubernur DKI Jakarta tersebut tiba, terlihat tidak ada antrean warga lain. Jokowi dan Iriana kemudian dipanggil untuk mengambil surat suara dan mencoblos di bilik suara.

 

Jokowi dan Iriana berada di bilik suara sekitar tiga menit. Setelah selesai, keduanya mencelupkan jari kelingking di tinta berwarna ungu.

 

Usai memberikan hak pilihnya, Jokowi mengaku akan langsung kembali ke Istana. Namun, ia tak menjelaskan apakah akan memantau perhitungan cepat atau melakukan kegiatan lainnya di Istana.

 

"Gak, setelah dari sini langsung kembali ke Istana. Mungkin di Jakarta mungkin di Bogor," kata Jokowi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement