Rabu 14 Feb 2024 10:51 WIB

Cak Imin Minta Pendukungnya Awasi TPS Hingga Akhir

Keberadaan saksi yang mengikuti proses pemungutan suara di TPS sangat penting.

Rep: Ali Mansur/ Red: Fitriyan Zamzami
Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di TPS 023 yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada pagi ini, Rabu (14/2).
Foto: Republika/Ali Mansur
Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di TPS 023 yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada pagi ini, Rabu (14/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin  meminta agar para pendukung untuk mengawasi tempat pemungutan suara (TPS) di lokasi masing-masing. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi adanya kecurangan pada proses pemungutan suara di ajang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

“Nanti setelah jam 13.00 WIB tolong semua tetap menjaga TPS bergiliran, diabsen, jangan sampai ada yang kosong. Minimal di luar TPS ada tiga orang, atau terus menerus bergulir yang penting ada pengawasan di dalam dan ada pengawasan di luar TPS,” imbau Cak Imin saat ditemui TPS 023 di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, (14/2/2024).

Baca Juga

Lanjut Cak Imin, keberadaan saksi yang mengikuti proses pemungutan suara di TPS sangat penting pada saat perbedaan pendapat di Mahkmah Konstitusi (MK) nanti. Karena itu, kata dia, jangan sampai lengah terus mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara. Cak Imin sendiri telah mencoblos bersama keluarga besarnya di TPS 023 di daerah Kemang, Jakarta Selatan. 

“Kepada seluruh pendukung pokoknya awasi data jangan sampai tidak terjaga dan itu dibutuhkan saat kita perbedaan pendapat di MK (Mahkamah Konstitusi),” imbau Cak Imin. 

Cak Imin merasa plong sekaligus deg-degan pasca mencoblos gambar dirinya bersama pasangannya calon presiden (Capres) Anies Baswedan di Pilpres 2024. Cak Imin maju di kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 berpasangan dengan calon presiden (Capres) Anies Baswedan. 

“Hari ini agak berbeda dengan lima tahun yang lalu di tempat ini saya mencoblosnya juga hari ini rasanya plong deg-degan dan byaarr. Karena mencoblos ada foto dan ada pasangan saya di dalamnya,” ucap Cak Imin.

Sementara itu, Anies Baswedan sendiri melakukan pencoblosan di TPS 060 di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Rencananya setelah melakukan pencoblosan di masing-masing TPS pasangan AMIN akan memantau perhitungan suara di Markas Tim Pemenangan AMIN di Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pasangan AMIN bertarung dengan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan  pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Pasangan AMIN diusung oleh Koalisi Perubahan sebagai cawapres dari Anies Baswedan. Koalisi Perubahan terdiri dari PKB, Nasdem, PKS dan Partai Ummat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement