Rabu 14 Feb 2024 21:39 WIB

KPU Akui Website Terkena Ratusan Juta Serangan DOS

Betty menyebut hampir semua situs yang dimiliki KPU diserang.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus raharjo
Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos saat diwawancara di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2024).
Foto: Republika/Bayu Adji P
Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos saat diwawancara di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Website kpu.go.id diduga mengalami serangan sejak Rabu (14/2/2024) pagi. Hingga Rabu malam, website utama Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu telah bisa dibuka, tapi lambat untuk diakses.

Komisioner KPU Betty Epsilon Idroos mengatakan, banyak serangan ke website kpu.go.id. Ia menyebut, website kpu.go.id mendapatkan serang denial of service (DOS) yang jumlahnya mencapai ratusan juta.

Baca Juga

"Ratusan juta. Saya gak bilang puluhan, gak bilang satuan, tapi ini ratusan juta. Itu serangan ke website KPU luar biasa," kata dia di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

Ia menjelaskan, website kpu.go.id berisikan informasi dan data. Tidak ada informasi mengenai hasil penghitungan dalam website utama KPU itu. Namun, serangan itu tetap menyasar website utama KPU.

"Jadi, hampir semua situs yang dimiliki KPU diserang. Itu memang di website kpu.go.id lumayan serangan terhadap website tersebut. Ratusan juta," kata dia.

Menurut Betty, pihaknya telah melakukan penanganan sejak serangan itu terjadi. Satgas keamanan siber juga disebut telah siaga untuk mengatasi serangan.

"Alhamdulillah sekarang sudah mulai recovery untuk website kpu.go.id. Mudah-mudahan semua masih under control untuk diperbaiki oleh KPU," ujar Betty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement