Kamis 15 Feb 2024 17:43 WIB

YouthLab: Prabowo Berhasil Gaet Gen Z Lewat TikTok dan Instagram

Prabowo mengakui bahwa anak-anak muda adalah pendukung kuncinya.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Fitriyan Zamzami
Beberapa anak muda menunjukkan jari seusai menggunakan hak suaranya di TPS 061 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (14/2/2024). (ilustrasi)
Foto: Republika/Edwin Putranto
Beberapa anak muda menunjukkan jari seusai menggunakan hak suaranya di TPS 061 Petamburan, Tanah Abang, Jakarta, Rabu (14/2/2024). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Peneliti anak muda dan pendiri Youth Laboratory Indonesia (YouthLab), Muhammad Faisal, menduga keunggulan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berdasarkan quick count Pemilu 2024 karena berhasil menyasar pemilih pemula dan anak-anak muda selama masa kampanye. Strategi itu dilakukan melalui media sosial seperti TikTok dan Instagram.

Sejak awal menurut Faisal, semua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden serta para calon anggota legislatif menyadari bahwa di Pemilu 2024 ini akan banyak diikuti pemilih dari kalangan muda. Di mana generasi Z sekitar 23 persen dan juga generasi milenial 23 persen. 

Baca Juga

"Memang tema kampanye Prabowo-Gibran lebih secara khusus menyasar narasi, tema, nuansa dan emosi dari anak muda. Dari beberapa survei sebelumnya misal di akhir 2023, memang terindikasi gen Z itu lebih banyak memilih Pak Prabowo. Bisa jadi kemenangannya dipengaruhi anak muda," kata Faisal kepada Republika, Kamis (15/2/2024).  

Faisal menimpali bahwa itu masih berdasarkan pengamatannya mengenai keterlibatan anak muda. Untuk memastikan kemenangan Prabowo-Gibran karena basis pemilih dari generasi muda kata dia perlu dilakukan review terhadap pemilih sesuai dengan hasil rekapitulasi suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Namun selama masa kampanye terutama di sosial media terutama di platform TikTok, dan Instagram,  fokus kampanye Prabowo-Gibran menurut Faisal memang menyasar pemilih dari kalangan muda. Karena milenial dan Gen Z kata dia saat ini banyak mengkonsumsi informasi melalui TikTok dan Instagram ketimbang media lain ataupun offline.  

"Kalau di masa kampanye saya rasa gen Z yang lebih banyak mencerna informasi lewat medsos, jadi mereka  lebih banyak terpapar di sana," ujar Faisal.  

photo
Peneliti anak muda dan pendiri Youth Laboratory Indonesia, Muhammad Faisal  - (Dok Republika)

Diketahui berdasarkan quick count yang dilakukan berbagai lembaga survei, menunjukkan pasangan Prabowo-Gibran menang dengan persentase suara di atas 50 persen. Sehingga dengan begitu Pilpres 2024 akan selesai dalam satu putaran saja. 

Dalam acara puncak nonton bersama hasil quick count semalam, Prabowo Subianto tak luput mengucapkan terima kasih ke anak-anak muda pendukungnya. "Saya juga ingin menyampaikan terima kasih kepada anak-anak muda yang merupakan pendukung yang sangat kunci bagi saya," ucap Prabowo di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement