Jumat 16 Feb 2024 13:55 WIB

Mahfud MD: Pemilu Telah Selesai, Tinggal Menunggu Hasil Akhirnya

Mahfud menilai memperjuangkan demokrasi dan keadilan adalah beyond election.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD
Foto: Republika/Prayogi
Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, akhirnya buka suara seusai pencoblosan pada 14 Februari 2024. Diketahui, pasangan dari Ganjar Pranowo itu belum sedikitpun berkomentar setelah hari pencoblosan.

"Kawan, pemilu telah selesai, tinggal menunggu hasil akhirnya. Kita tak boleh lelah mencintai Indonesia, perjuangan membangun demokrasi dan keadilan harus kita lanjutkan," ujar Mahfud lewat akun X yang sudah terkonfirmasi, Jumat (16/2/2024).

Baca Juga

"Memperjuangkan demokrasi dan keadilan tanpa kenal lelah adalah beyond election yang tak dibatasi oleh pemilu yang periodik," sambungnya.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo bersama Mahfud MD menghadiri rapat evaluasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Dalam rapat tersebut, hadir empat ketua umum partai politik pengusung dan pengurus inti Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Salah satu yang dibahas adalah indikasi kecurangan yang ditemukan pihaknya di banyak wilayah. Karenanya, hasil hitung cepat atau quick count belum dapat dijadikan landasan untuk mengeklaim kemenangan Pilpres 2024.

"Kita sudah sepakat kita akan menunggu keputusan KPU, sesuai dengan apa yang disampaikan KPU sambil teman-teman bekerja," singkat Ganjar di Gedung High End, Jakarta, Kamis (15/2/2024).

Di samping itu, ia juga menyoroti anomali hasil quick count pemilihan legislatif dengan Pilpres 2024. Sebab sejumlah wilayah yang dikenal sebagai kandang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), pasangan calon nomor urut 3 itu justru jumlah suaranya tak signifikan.

"Agak anomali dengan suara saya, maka hari ini sedang diselidiki oleh kawan-kawan. Mudah-mudahan nanti ketemu apa faktornya, sepertinya split ticketnya agak terlalu lebar," ujar Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement