Senin 19 Feb 2024 12:28 WIB

Kuasai Jabodetabek, Pengamat: Kultur PKS Lebih Dekat ke Islam Perkotaan

Pengamat sebut PKS yang kuasai Jabodetabek karena lebih dekat dengan Islam perkotaan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Bilal Ramadhan
Kader mengibarkan bendera PKS. Pengamat sebut PKS yang kuasai Jabodetabek karena lebih dekat dengan Islam perkotaan.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Kader mengibarkan bendera PKS. Pengamat sebut PKS yang kuasai Jabodetabek karena lebih dekat dengan Islam perkotaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, mengatakan Partai Keadilan Sejahtera, saat ini memiliki perolehan suara relatif tinggi, terutama di daerah perkotaan seperti di Jabodetabek, beberapa kota di Jawa Barat dan kota-kota di luar Jawa. Arifki menilai fakta tersebut tidak mengherankan karena basis massa PKS memang lebih didominasi warga perkotaan terutama yang memeluk Agama Islam. 

"PKS lebih unggul dan lebih punya ruang menarik di level perkotaan karena basis PKS lebih dekat dengan perkotaan. Secara dakwah maupun ruang politik, isu yang dimainkan PKS itu lebih relevan dengan daerah perkotaan dibanding pedesaan," kata Arifki, Senin (19/2/2024). 

Baca Juga

Arifki menyebut pemilih Islam perkotaan rata-rata adalah kalangan intelektual dan kelas menengah ke atas. Sehingga isu-isu kritis dan narasi perubahan lebih mudah dicerna oleh basis massa tersebut. Sehingga suara PKS relevan dengan suara pasangan capres-cawapres yang mereka usung yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. 

Program dakwah...

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement