Selasa 20 Feb 2024 15:50 WIB

Anies-Muhaimin Pastikan Parpol Koalisi Perubahan Dukung Inisiatif Hak Angket DPR

Hal angket diketahui merupakan inisiatif dari capres nomor 3 Ganjar Pranowo.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Konferensi pers tentang persiapan langkah hukum paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhiamin Iskandar
Foto: Republiika/Eva Rianti
Konferensi pers tentang persiapan langkah hukum paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhiamin Iskandar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan memastikan partai politik yang mengusung dirinya dan Muhaimin Iskandar yang tergabung dalam Koalisi Perubahan mendukung inisiatif hak angket DPR mengenai dugaan kecurangan dalam Pilpres 2024. Koalisi Perubahan yakni meliputi Partai Nasdem, PKB, dan PKS.

 

Baca Juga

"Ketika kita mendengar akan dilakukan (hak angket) kami melihat itu adalah inisiatif baik," kata Anies dalam konferensi pers mengenai perkembangan langkah hukum paslon AMIN di Posko Tim Hukum Nasional (THN) AMIN di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

 

Hak angket tersebut diketahui mulanya merupakan inisiatif dari capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo. Anies pun mengaku Partai Koalisi Perubahan manyambutnya dengan baik.

 

"Ketika Pak Ganjar menyampaikan keinginan untuk melakukan angket itu, Fraksi PDI Perjuangan adalah fraksi yang besar, kami yakin bahwa Koalisi Perubahan Partai Nasdem, PKB, dan PKS akan siap bersama-sama," ujarnya.

 

Anies melanjutkan, pihaknya melalui Tim Hukum Nasional (THN) AMIN terus mengumpulkan data dan fakta mengenai dugaan kecurangan atau pelanggaran Pemilu 2024. Ia menegaskan pihaknya akan turut andil dalam proses kelancaran hak angket tersebut.

 

"Jadi saya memandang dengan adanya inisiatif angket proses di DPR bisa berjalan. Kami siap dengan data-datanya dan di bawah kepemimpinan fraksi terbesar maka proses DPR bisa berjalan saya yakin partai koalisi perubahan siap untuk menjadi bagian dari itu," tegasnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menanggapi soal hak angket tersebut. Ia meresponsnya dengan jawaban singkat.

 

"Siap," ujar Cak Imin yang diketahui merupakan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement