Jumat 23 Feb 2024 09:21 WIB

Gudang Logistik Terkena Puting Beliung, Rekapitulasi di PPK Cicalengka Ditunda Sementara

Rekapitulasi di PPK Cicalengka ditunda karena gudang logistik kena puting beliung.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah bangunan mengalami kerusakan parah bahkan di antaranya rata dengan tanah tersapu angin puting beliung. Rekapitulasi di PPK Cicalengka ditunda karena gudang logistik kena puting beliung.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Sejumlah bangunan mengalami kerusakan parah bahkan di antaranya rata dengan tanah tersapu angin puting beliung. Rekapitulasi di PPK Cicalengka ditunda karena gudang logistik kena puting beliung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gudang logistik di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cicalengka, Kabupaten Bandung terkena angin puting beliung pada Rabu (21/2/2024) kemarin. Akibatnya, rekapitulasi suara di tingkat kecamatan ditunda sementara.

Ketua PPK Cicalengka Ayi Maulana mengatakan proses rekapitulasi suara di tingkat kecamatan ditunda sementara. Sebab aula yang digunakan untuk penghitungan suara rusak terkena angin puting beliung.

Baca Juga

"Penundaan penghitungan atau proses rekap dihentikan dulu karena kejadian angin puting beliung pada Rabu pukul 16.30 WIB kemarin," ucap dia saat dihubungi, Kamis (22/2/2024).

Ia mengatakan rekapitulasi sempat berjalan untuk untuk 94 tempat pemungutan suara (TPS). Sedangkan yang belum direkap sebanyak 309 TPS.

Setelah menghentikan proses rekapitulasi suara, Ayi mengatakan para petugas langsung mengamankan logistik dan mengevakuasi ke tempat lebih aman. Pemindahan logistik ke tempat aman masih dilakukan di sekitar gudang yang tidak terkena angin puting beliung.

"Jadi kemarin itu dalam kondisi darurat dievakuasi ke tempat aman itu kemarin sampai malam, (evakuasi) di tempat itu itu juga karena yang terdampak hanya aula tempat rekap. Ruangan lain gak," ungkap dia.

Ia mengungkapkan surat suara yang berada di kotak suara aman dan tidak mengalami kerusakan. Selain itu, petugas relatif terhindar dari reruntuhan meski sempat terkena.

"Alhamdulillah gak ada sama sekali rusak baik itu yang di dalam kotak surat suara atau bahan pleno C hasil plano gak ada teramankan seluruhnya," kata dia.

Ayi menuturkan proses rekapitulasi rencana dilanjutkan hari ini. Namun, proses pembuatan panel untuk pleno membutuhkan waktu serta para petugas yang masih trauma.

"Kemungkinan besok pukul 08.00 WIb sesuai kesepakatan dengan peserta pemilu dan panwascam," kata dia.

Meski tertunda, Ayi memastikan proses rekapitulasi dapat selesai sesuai jadwal pada tanggal 2 Maret. Peristiwa angin puting beliung berdampak di Kecamatan Rancaekek, Cileunyi dan Cicalengka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement