Ahad 25 Feb 2024 09:48 WIB

Pemungutan Suara Ulang di Bantul Berjalan Lancar

Pemungutan suara ulang di TPS 03 di Padukuhan Kalipakis Ambarbinangun Bantul lancar.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Bilal Ramadhan
Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU). Pemungutan suara ulang di TPS 03 di Padukuhan Kalipakis Ambarbinangun Bantul lancar.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU). Pemungutan suara ulang di TPS 03 di Padukuhan Kalipakis Ambarbinangun Bantul lancar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024 di Kabupaten berjalan aman dan lancar. Hal ini dikatakan Kapolres Bantul, AKBP Michael R Risakotta saat melakukan pengecekan langsung ke tempat pemungutan suara (TPS) yang menggelar PSU, Sabtu (24/2/2024) kemarin.

Pengecekan dilakukan untuk mengetahui situasi kamtibmas di lokasi TPS saat berlangsungnya pencoblosan ulang. Pengecekan diawali dengan mendatangi TPS 03 di Padukuhan Kalipakis Ambarbinangun, Kelurahan Tirtonirmolo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul.

Baca Juga

"Hari ini pengamanan pemungutan suara ulang dilakukan anggota Polres Bantul. Kita patut bersyukur, karena prosesnya berjalan aman dan lancar seperti yang saat ini kita lihat di TPS 03 Pedukuhan Kalipakis Ambarbinangun," kata Michael, Sabtu (24/2/2024).

Selesai dari TPS 03 Pedukuhan Kalipakis, Michael kemudian mengunjungi TPS 69 di Karangbendo Banguntapan. Setelah itu berlanjut ke TPS 16 di Nglengis, Sitimulyo, Piyungan.

Disampaikan Michael bahwa PSU serentak digelar di lima TPS yang tersebar di tiga kecamatan (kapanewon) di Kabupaten Bantul. Pengawasan pun dilakukan di seluruh TPS yang menggelar PSU.

"Rinciannya adalah TPS 3 Dusun Kalipakis Tirtonirmolo Kasihan, TPS 16 Nglengis Sitimulyo, dan TPS 09 Srimartani Piyungan, serta TPS 69 Banguntapan, dan TPS 34 Tamanan Banguntapan," ucap Michael.

Dikatakan Michael, pihaknya telah menyiapkan pola pengamanan untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang tersebut. Setidaknya, diturunkan sebanyak 88 personel Polri dalam mengamankan pemungutan suara ulang di Kabupaten Bantul.

"Pada saat proses pemungutan suara, masing-masing TPS yang menggelar pemungutan suara ulang dijaga lima polisi," ungkapnya.

Petugas yang melakukan pengawasan juga terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, agar pelaksanaan pemungutan suara ulang dapat berjalan lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement