Selasa 27 Feb 2024 07:07 WIB

Puan dan Anaknya, Diah Pikantan Orissa Berpeluang Besar Jadi Anggota DPR

Puan menjadi caleg dengan perolehan suara terbanyak kedua se-Indonesia.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Ketua DPP PDIP Puan Maharani beri tanggapan apakah sambutan Megawati ditujukan untuk menyindir Jokowi atau tidak, Sabtu (10/2/2024).
Foto: Republika/Alfian Choir
Ketua DPP PDIP Puan Maharani beri tanggapan apakah sambutan Megawati ditujukan untuk menyindir Jokowi atau tidak, Sabtu (10/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PDIP, Puan Maharani dan anaknya, Diah Pikantan Orissa Putri Haprani kemungkinan akan sama-sama berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029. Raihan suara sementara ibu dan anak itu di daerah pemilihan (dapil) masing-masing sudah cukup untuk memenangkan kursi anggota DPR Pemilu 2024.

Puan merupakan calon anggota legislatif (caleg) PDIP di Dapil Jawa Tengah V. KPU per Selasa (27/2/2024) telah melakukan penghitungan raihan suara atau real count terhadap 80,99 persen TPS di dapil tersebut.

Baca Juga

Hasilnya, Puan tercatat sebagai caleg peraih suara terbanyak di dapil tersebut, yakni 187.929 suara. Bahkan, Puan untuk sementara tercatat sebagai caleg peraih suara terbanyak kedua se-Indonesia.

Dengan raihan suara sebesar itu, Ketua DPR RI aktif itu hampir bisa dipastikan bakal menjadi anggota dewan kembali. Sementara itu, Pikantan atau yang biasa disapa Pinka merupakan caleg PDIP di Dapil Jawa Tengah IV. KPU per Senin (26/2/2024) sudah melakukan real count terhadap 76,01 persen TPS di dapil tersebut.

Hasilnya, Pinka meraih 64.150 suara. Cucu dari Megawati Soekarnoputri itu merupakan peraih suara terbanyak kedua di antara caleg-caleg PDIP di Dapil Jawa Tengah IV.

Adapun PDIP kemungkinan bakal mendapatkan tiga kursi di dapil tersebut, berdasarkan hasil penghitungan sementara menggunakan metode Sainte Lague. Satu dari tiga kursi yang dimenangkan PDIP itu tentu menjadi hak Pinka.

Dengan begitu, politikus berusia 26 tahun itu akan menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029 bersama ibunya, Puan. Keduanya akan sama-sama berkantor di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Pinka sudah mengikuti sejumlah tahapan kaderisasi partai sebelum diusung sebagai caleg. Pinka menginap selama tiga hari di Sekolah Partai PDIP di Jakarta Selatan untuk mendapatkan pendidikan partai bersama kader PDIP lainnya.

Hasto menjelaskan, PDIP memang merekrut kader maupun bakal caleg dari semua lini. Salah satunya dari keluarga kader PDIP sendiri.

"Itu kultur yang terbangun tidak hanya di Indonesia, tapi juga di Amerika Serikat, di Singapura, di Eropa, (yakni) partai politik yang menjadi pilar demokrasi melakukan rekrutmen dari keluarga," kata Hasto usai menyerahkan daftar bakal caleg di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (11/5/2023).

Neneknya Pinka, yakni Megawati Soekarnoputri merupakan Ketua Umum DPP PDIP. Ibunya, Puan Maharani adalah Ketua DPP PDIP Bidang Politik. Sementara itu, Pinka tercatat menyelesaikan studi sarjana di Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan di SOAS University of London.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement