Kamis 29 Feb 2024 23:39 WIB

Rekapitulasi Suara Nasional, Pasangan Ganjar-Mahfud Sementara Kuasai Australia 

3 lokasi pemilihan di Australia hasilnya sah adalah Perth, Sydney, dan Melbourne

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah pendukung Prabowo Gibran di Kota Bandung melakukan aksi sujud syukur atas keunggulan quick count pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024 usai pencoblosan, Rabu (14/2/2024).
Foto: Republiik/M Fauzi Ridwan
Sejumlah pendukung Prabowo Gibran di Kota Bandung melakukan aksi sujud syukur atas keunggulan quick count pemilihan presiden dan wakil presiden tahun 2024 usai pencoblosan, Rabu (14/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengesahkan hasil penghitungan perolehan suara di tiga lokasi pemilihan luar negeri wilayah Australia dalam rapat pleno tingkat nasional sejak Rabu (28/2/2024). Tiga lokasi pemilihan di Australia yang hasilnya telah disahkan adalah Perth, Sydney, dan Melbourne. 

Berdasarkan hasil yang telah ditetapkan, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih suara tertinggi di tiga lokasi pemilihan luar negeri wilayah Australia. Di Perth, pasangan nomor urut 3 itu meraih 1.600 suara. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 1.137 suara dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 708 suara.

Di pemilihan yang dilakukan di Sydney yang hasilnya telah disahkan dalam rapat pleno tingkat nasional pada Kamis (29/2/2024), Ganjar-Mahfud juga menang dengan perolehan 3.629 suara. Sementara Prabowo-Gibran meraih 2.243 suara dan Anies-Muhaimin meraih 1.910 suara.

Di pemilihan yang dilakukan di Melbourne yang disahkan pada Kamis malam, pasangan Ganjar-Mahfud juga kembali meraih kemenangan dengan perolehan 2.394 suara. Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran meraih 1.267 suaran dan Anies-Muhaimin meraih 1.146 suara.

Berdasarkan data KPU, terdapat lima lokasi pemilihan yang berada di Australia. Namun, baru hasil rekapitulasi dari panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Perth, Sydney, dan Melbourne, yang disahkan dalam rapat pleno tingkat nasional. 

Sedangkan dua lokasi lainnya, Canberra dan Darwin, masih belum dibacakan dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional pemilihan umum (pemilu) 2024.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement