Selasa 05 Mar 2024 18:29 WIB

Prabowo Menangi Pilpres di Mancanegara dengan 66 PPLN, Diikuti Ganjar dan Anies

Rekapitulasi pilpres mancanegara, Prabowo menang di 66 PPLN, diikuti Ganjar dan Anies

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari berdiskusi dalam rekapitulasi. Rekapitulasi pilpres mancanegara, Prabowo menang di 66 PPLN, diikuti Ganjar dan Anies.
Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari berdiskusi dalam rekapitulasi. Rekapitulasi pilpres mancanegara, Prabowo menang di 66 PPLN, diikuti Ganjar dan Anies.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KPU RI telah selesai menetapkan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 dari 127 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Hanya PPLN Kuala Lumpur yang belum ditetapkan karena di sana harus digelar pemungutan suara ulang (PSU).

KPU menetapkan hasil penghitungan perolehan suara Pilpres dan Pileg 2024 itu dalam rapat pleno rekapitulasi tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat yang berlangsung sejak Rabu (28/2/2024) hingga Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Untuk hasil rekapitulasi Pilpres 2024 dari 127 PPLN, pasangan capres-cawapres Anies-Muhaimin tercatat menang di wilayah kerja 22 PPLN saja. Beberapa di antaranya adalah di PPLN London (pemilih di Britania Raya dan Irlandia), PPLN Doha (Qatar), PPLN Kairo (Mesir), PPLN Jeddah (Arab Saudi), PPLN Ankara (Turki), dan PPLN Sana'a (Yaman).

Adapun pasangan Prabowo-Gibran unggul raihan suara di 66 wilayah kerja PPLN. Di antaranya adalah PPLN Moskow (Rusia), PPLN Tokyo (Jepang), PPLN Seoul (Korea Selatan), PPLN Dili (Timor Leste), PPLN Kota Kinabalu (Malaysia), PPLN Hongkong (China), PPLN Taipei (Taiwan), dan PPLN Singapura.

Sementara itu, pasangan Ganjar-Mahfud unggul raihan suara di 38 PPLN. Di antaranya adalah PPLN Perth (Australia), PPLN Houston (Amerika Serikat), PPLN Madrid (Spanyol), PPLN Den Haag (Belanda), PPLN Ottawa (Kanada), PPLN Paris (Prancis), PPLN New York (Amerika Serikat), dan PPLN Vatikan.

Di PPLN Santiago (Chile), raihan tertinggi dengan torehan 50 suara sama-sama didapatkan pasangan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. Adapun Anies-Muhaimin di sana hanya meraih 20 suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement