Senin 11 Mar 2024 21:32 WIB

Golkar Dapat 3 Kursi DPR dari Sumsel, PKS Dapat 2 Kursi

Partai Golkar mendapat 3 kursi DPR dari Dapil Sumsel, PKS dapat 2 kursi.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
DPD Partai Golkar Sumatera Selatan (Sumsel). Partai Golkar mendapat 3 kursi DPR dari Dapil Sumsel, PKS dapat 2 kursi.
Foto: istimewa
DPD Partai Golkar Sumatera Selatan (Sumsel). Partai Golkar mendapat 3 kursi DPR dari Dapil Sumsel, PKS dapat 2 kursi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Golkar total akan memenangkan tiga kursi DPR dari dua daerah pemilihan (dapil) di Sumatra Selatan. Adapun PDIP, yang merupakan pesaing utama Golkar dalam mengumpulkan kursi terbanyak agar mendapatkan jatah kursi Ketua DPR RI, tercatat meraih dua kursi dari Sumatra Selatan.

Hal itu diketahui setelah KPU menetapkan hasil Pileg DPR RI untuk Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2024).

Baca Juga

Di Dapil Sumsel I, Partai Golkar merupakan peraih suara terbanyak karena berhasil mendulang 470.829 suara. Terbanyak kedua adalah Partai Nasdem yang mendapatkan 427.494 suara. Lalu, Partai Gerindra meraih 299.754 suara.

Terbanyak keempat PDIP dengan torehan 219.186. Selanjutnya, PKB 201.861 suara, PKS 155.614 suara, dan Demokrat 143.856 suara. Adapun 11 partai politik lain raihan suaranya di bawah 140 ribu.

Mengacu pada data raihan suara tersebut, Republika menggunakan metode Sainte Lague, rumus resmi yang diatur dalam UU Pemilu, untuk mengkonversi raihan suara partai menjadi perolehan kursi. Di Dapil Sumsel I terdapat delapan kursi DPR yang diperebutkan.

Hasilnya, Partai Golkar mendapatkan dua kursi DPR. Lalu, Nasdem, Gerindra, PDIP, PKB, PKS, dan Demokrat masing-masing mendapatkan satu kursi.

Sementara itu, di Dapil Sumsel II tercatat Partai Gerindra sebagai peraih suara terbanyak, yakni 467.140 suara. Terbanyak kedua adalah Partai Nasdem yang mengumpulkan 407.186 suara. Terbanyak ketiga Golkar dengan raihan 368.813 suara. 

Selanjutnya Demokrat meraih 336.945 suara, PDIP 252.721 suara, PKB 239.887 suara, PAN 200.431 suara, dan PKS 138.668 suara. Adapun 10 partai politik lain raihan suaranya di bawah 100 ribu.

Di Dapil Sumsel II terdapat sembilan kursi DPR yang diperebutkan. Hasil konversi suara menjadi kursi menggunakan metode Sainte Lague menunjukkan bahwa Gerindra mendapatkan dua kursi. Lalu Nasdem, Golkar, Demokrat, PDIP, PKB, PAN, dan PKS masing-masing mendapatkan satu kursi.

Jika hasil konversi suara menjadi kursi dari dua dapil di Sumsel tersebut ditotalkan, maka Golkar dan Gerindra tercatat sama-sama memenangkan tiga kursi DPR. Lalu PDIP, Nasdem, Demokrat, PKB, dan PKS masing-masing dapat dua kursi. Adapun PAN mendapatkan satu kursi.

Sebagai catatan, salah satu kursi yang dimenangkan Golkar di Dapil Sumsel I didapatkan oleh caleg atas nama Kahar Muzakir yang sudah empat periode menjabat sebagai anggota DPR. Sementara itu, kursi yang dimenangkan Nasdem di Dapil Sumsel II didapatkan oleh Irma Suryani Chaniago yang juga anggota DPR pejawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement