Rabu 13 Mar 2024 16:53 WIB

PKS Kuasai Perolehan Suara di Dapil 5 DKI Jakarta

PKS menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi di Dapil 5 DKI Jakarta.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Bilal Ramadhan
DPW PKS DKI Jakarta. PKS menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi di Dapil 5 DKI Jakarta.
Foto: Dok
DPW PKS DKI Jakarta. PKS menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi di Dapil 5 DKI Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi untuk pemilihan umum (pemilu) anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta 5. Partai berlogo bulan sabit dan padi itu meraih suara di atas 130 ribu. 

Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta Nomor 33 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024, PKS meraih total 130.561 suara di dapil DKI Jakarta 5. Angka itu cukup jauh memimpin dibandingkan pantai-pantai lainnya. 

Baca Juga

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai dengan raihan suara yang paling mendekati PKS, yaitu 73.113 suara. Setelahnya, Partai Golongan Karya (Golkar) meraih 63.455 suara. Selain itu, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) meraih 58.411 suara. Sedangkan raihan partai lainnya di bawah 50 ribu suara.

Diketahui, terdapat 10 kursi DPRD Provinsi DKI Jakarta yang diperebutkan di dapil DKI Jakarta 5. Apabila dihitung menggunakan metode sainte lague, PKS mendapatkan jatah dua kursi dari dapil tersebut.

Sementara itu, PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Demokrat, masing-masing meraih satu kursi DPRD Provinsi DKI Jakarta dari dapil DKI Jakarta 5.

Adapun calon anggota legislatif (caleg) yang akan maju mewakili dapil DKI Jakarta 4 adalah Nasdianto dan Abdurrahman Suhaimi dari PKS, Pantas Nainggolan dari PDIP, Alia Noorayu Laksono dari Partai Golkar, Ali Hakim Lubis dari Partai Gerindra, Zita Anjani dari PAN, Fatimah Tania Nadira Alatas dari Partai Nasdem, Fuadi Luthfi dari PKB, Justin Adrian dari PSI, dan Mujiyono dari Partai Demokrat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement