Sabtu 16 Mar 2024 09:35 WIB

Ketua DPP Nasdem Taufik Basari Gagal Pertahankan Kursi DPR

Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari gagal mempertahankan kursi DPR.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Nasdem Taufik Basari. Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari gagal mempertahankan kursi DPR.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Nasdem Taufik Basari. Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari gagal mempertahankan kursi DPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Nasdem, Taufik Basari hampir pasti gagal mempertahankan statusnya sebagai anggota DPR RI. Pasalnya, dia kalah dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I.

Pria yang akrab disapa Tobas itu merupakan caleg Nasdem nomor urut 1 di dapil tersebut. Kendati begitu, dia bukan peraih suara terbanyak di antara 10 caleg Partai Nasdem.

Baca Juga

Berdasarkan hasil penghitungan suara resmi KPU, Tobas merupakan caleg Nasdem peraih suara terbanyak kedua, yakni 75.693 suara. Peraih suara terbanyak pertama adalah caleg Nasdem nomor urut 2, Rahmawati Herdian, karena berhasil meraup 94.133 suara.

Adapun Partai Nasdem hanya mendapatkan satu kursi DPR di Dapil Lampung I. Satu kursi itu menjadi milik Rahmawati sebagai caleg peraih suara terbanyak. Tobas tentu tak kebagian kursi.

Apabila tidak ada putusan sengketa hasil pemilu yang menambah raihan suara Tobas secara signifikan, maka anggota Komisi III DPR RI itu harus meninggalkan Kompleks Parlemen, Senayan setelah masa jabatannya habis pada akhir 2024.

Partai Nasdem diketahui mendapatkan satu kursi DPR di dapil tersebut setelah Republika mengkonversi raihan suara partai menjadi perolehan kursi menggunakan metode Sainte Lague, rumus resmi yang diatur UU Pemilu. Di Dapil Lampung I terdapat 10 kursi DPR yang diperebutkan.

Berikut daftar lengkap partai yang mendapatkan kursi dan caleg pemenang kursi di dapil yang meliputi dua kota dan enam kabupaten di Lampung itu:

- Partai Gerindra mendapatkan dua kursi. Pemenang kursi pertama adalah Wakil Ketua MPR yang juga Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani. Satu kursi lagi dimenangkan oleh Ruby Chairani Syiffidia

- PDIP juga dapat dua kursi DPR. Pemenang kursi adalah anggota DPR pejawat Mukhlis Basri dan Sudin 

- PKB dapat satu kursi yang dimenangkan oleh pejawat Muhmmad Kadafi

- Partai Golkar dapat satu kursi untuk Rycko Menoza

- Partai Nasdem dapat satu kursi untuk Rahmawati Herdian

- PAN juga dapat satu kursi. Pemenang kursi adalah Putri Zulkifli Hasan. Sebagaimana tertata di namanya, Putri adalah anak dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

- Partai Demokrat dapat satu kursi yang menjadi milik anggota DPR pejawat Zulfikar Anwar

- PKS juga dapat satu kursi untuk legislator pejawat Al Muzzammil Yusuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement