Sabtu 16 Mar 2024 09:48 WIB

Meski Ganjar-Mahfud Keok, PDIP Tetap Raih Kursi Terbanyak di Jateng

PDIP tetap meraih kursi terbanyak di Jateng meski perolehan suara Ganjar-Mahfud keok.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Ratusan simpatisan PDIP Jateng di Pekalongan, PDIP tetap meraih kursi terbanyak di Jateng meski perolehan suara Ganjar-Mahfud keok.
Foto: Republika.co.id
Ratusan simpatisan PDIP Jateng di Pekalongan, PDIP tetap meraih kursi terbanyak di Jateng meski perolehan suara Ganjar-Mahfud keok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai peraih kursi DPR terbanyak di Jawa Tengah. Kemenangan itu didapatkan saat pasangan capres-cawapres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo-Mahfud MD keok di sana.

Kemenangan PDIP dan kekalahan Ganjar-Mahfud itu diketahui setelah KPU menetapkan hasil Pileg DPR dan Pilpres 2024 untuk Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (11/3/2024) lalu.

Baca Juga

Dalam Pileg DPR RI, PDIP total mengumpulkan 5.859.448 suara dari 10 dapil di Jateng. Peraih suara terbanyak kedua hingga keempat adalah PKB 2.672.895 suara, Partai Golkar 2.648.583 suara, dan Partai Gerindra 2.179.011 suara. Partai lain raihan suaranya di bawah 2 juta.

Jika dilihat sebaran suaranya, PDIP tercatat sebagai partai peraih suara terbanyak di delapan dapil di Jateng. Dua dapil lainnya, yakni Dapil Jateng II dan Jateng X dimenangi oleh Partai Golkar.

Republika mengkonversi raihan suara partai di setiap dapil itu menjadi kursi menggunakan metode Sainte Lague, rumus resmi yang diatur dalam UU Pemilu. Konversi suara dilakukan dengan asumsi bahwa PPP lolos ambang batas parlemen, sedangkan PSI tidak.

Hasilnya...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement