Sabtu 16 Mar 2024 20:29 WIB

Sejumlah Nama Beken Raih Kursi DPR Dapil Sumut I, dari Yasonna hingga Tifatul Sembiring

Golkar, PDIP, dan Gerindra menyegel 2 kursi DPR di Dapil Sumut I.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Mantan Presiden PKS, Tifatul Sembiring menghadiri Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (14/11).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Mantan Presiden PKS, Tifatul Sembiring menghadiri Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (14/11).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sejumlah nama beken, mulai dari menteri aktif, mantan menteri, eks wakil gubernur hingga anak ketua umum partai berhasil mendapatkan kursi DPR dalam Pileg DPR 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Utara (Sumut) I.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengamankan satu kursi dari dua kursi DPR yang didapatkan PDIP di dapil tersebut. Yasonna berhasil menyegel satu kursi karena dia merupakan caleg PDIP peraih suara terbanyak kedua di dapil itu, dengan 83.045 suara.

Baca Juga

Mantan wakil gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah juga menyegel satu kursi DPR dari dua kursi yang didapatkan Partai Golkar di sana. Pria yang akrab disapa Ijek itu berhasil mengumpulkan 190.990 suara, terbanyak di antara 10 caleg Golkar di dapil tersebut.

Satu lagi kursi DPR yang didapatkan Golkar menjadi milik Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid. Dia caleg Golkar peraih suara terbanyak kedua dengan torehan 147.004 suara. 

Anak dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, yakni Prananda Surya Paloh juga bakal melaju ke Senayan dari Dapil Sumut I. Prananda memenangi satu kursi DPR yang didapatkan Nasdem di dapil tersebut, karena dia caleg Nasdem peraih suara terbanyak, yakni 103.019 suara.

Nama beken lainnya yang berhasil mengamankan tiket ke Senayan di Dapil Sumut I adalah mantan Menkominfo Tifatul Sembiring. Mantan presiden PKS itu menyegel satu kursi yang didapatkan PKS karena berhasil menjadi caleg peraih suara terbanyak di partainya, yakni 92.704 suara.

Apabila tidak ada putusan sengketa hasil pemilu yang mengurangi raihan suara mereka masing-masing atau partainya secara signifikan, maka para tokoh itu bakal ditetapkan sebagai pemenang kursi dan dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2024–2029.

Para pemenang di Dapil Sumut I diketahui setelah Republika.co.id mengkonversi raihan suara partai menjadi perolehan kursi menggunakan metode Sainte Lague, rumus resmi yang diatur UU Pemilu. Di dapil yang meliputi Kota Medan dan tiga kabupaten/kota lainnya itu terdapat 10 kursi DPR yang diperebutkan.

Berikut daftar lengkap partai yang mendapatkan kursi dan caleg pemenang kursi di sana:

- PDIP dapat dua kursi untuk Yasonna Laoly dan Sofyan Tan

- Golkar dapat dua kursi untuk Musa Rajekshah dan Meutya Hafid

- Gerindra juga dapat dua kursi untuk Ade Jona Prasetyo dan M Husni

- PKS mendapatkan satu kursi untuk Tifatul Sembiring

- Nasdem amankan satu kursi untuk Prananda Surya Paloh

- PKB dapat satu kursi untuk Ashari Tambunan

- Demokrat juga dapat satu kursi untuk Muhammad Lokot Nasution

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement