Senin 18 Mar 2024 20:34 WIB

Pengamat: Publik akan Apresiasi Kandidat yang Akui Keunggulan Lawan

Pengamat memprediksi hampir dipastikan tak ada pilpres putaran kedua.

Pemilu 2024 (ilustrasi)
Foto: Republika
Pemilu 2024 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA --Pengamat politik sekaligus peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam mengatakan, melihat perkembangan penghitungan rekapitulasi suara tingkat nasional yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), nyaris tidak akan ada putaran kedua di Pilpres 2024.

Menurutnya, pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka diprediksi menang Pilpres 2024 sekali putaran dengan meraih suara di atas 50 persen. Untuk itu, ia mendorong paslon 01, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan paslon 03, Ganjar Pranowo - Mahfud MD mempersiapkan diri untuk rekonsiliasi nasional. 

Baca Juga

"Masyarakat akan mengapresiasi pihak yang kalah tetapi mau mengakui keunggulan lawan, sebab yang diperlukan saat ini adalah sifat kedewasaan politik dan kenegarawanan dari para kandidat yang kalah tersebut," ujar Surokim, Senin (18/3/2024).

“Tetapi kalah secara terhormat juga penting, menang secara terhormat juga penting, hari-hari ini yang diperlukan oleh publik sebenarnya itu menebar sifat kenegarawanan dan lebih banyak mengedukasi publik,” tambahnya.

 

Surokim mengatakan meskipun dalam pelaksanaan pemilu masih terdapat kekurangan, tetapi perlu dilihat kerja keras para Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari atas sampai tingkat paling bawah yang sudah berusaha bekerja secara baik dan profesional.

“Bahwa pemilu negeri ini diawasi oleh banyak pihak, diawasi oleh media diawasi oleh publik, saya juga yakin bahwa ada ketidaksempurnaan ada bolong-bolongnya, tetapi kita wajib mendorong KPU ke depan bisa profesional diberikan kepercayaan lah, jaga perasaan para ketua TPS, ketua KPPS-KPPS itu,” paparnya.

Menurutnya hak konstitusi untuk melaporkan dugaan kecurangan oleh kubu pasangan 01 atau 03, namun Surokim menganggap hal itu kontraproduktif.

 

 

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) telah mengesahkan hasil Pemilu 2024 di 33 dari 38 provinsi peserta per Minggu (17/3/2024) pukul 23.59 WIB. Paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tercatat unggul berdasarkan hasil sementara rekapitulasi tersebut.

Adapun hasil sementara dari rekapitulasi tingkat nasional terhadap 33 provinsi, Prabowo-Gibran unggul telak dengan raihan 76.888.902. Sedangkan Anies-Muhaimin mendapatkan 31.118.204 suara dan Ganjar-Mahfud 23.461.344 suara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement