Rabu 20 Mar 2024 15:18 WIB

Ditanya Apakah akan Gandeng Paslon 1 dan 3, Gibran: Itu Kalau Mau

KPU RI sudah merekapitulasi hasil Pilpres 2024 dari 36 provinsi.

Rep: M Noor Alfian / Red: Agus raharjo
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengaku hanya berkantor seperti biasa meski hasil rekapitulasi suara oleh KPU akan diumumkan hari ini tinggal menunggu dua provinsi, Rabu (20/3/2024).
Foto: Republika/Alfian Choir
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka mengaku hanya berkantor seperti biasa meski hasil rekapitulasi suara oleh KPU akan diumumkan hari ini tinggal menunggu dua provinsi, Rabu (20/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengaku akan merangkul pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Paslon 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

Gibran mengatakan alasan ingin merangkul keduanya adalah sama-sama punya visi untuk membangun bangsa. Namun, hal tersebut kembali diserahkan kepada paslon lain jika berkenan. 

Baca Juga

“Ya semua dirangkul, semuanya kan punya visi misi untuk memajukan bangsa, ya itu kalau mau dirangkul,” katanya, Rabu (20/3/2024). 

Disinggung apakah sudah ada pembahasan atau pembicaraan terkait hal tersebut, Gibran tak menjawab gamblang. Ia hanya mengatakan akan menindaklanjuti hal tersebut. 

“(Sejauh ini pernah ada pembicaraan) Ya nanti kami tindaklanjuti lagi lah ya,” katanya. 

Sebelumnya, KPU RI sudah merekapitulasi hasil Pilpres 2024 dari 36 provinsi, termasuk Jawa Barat, serta pemilihan luar negeri. Hasilnya, pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran unggul di 34 provinsi dan luar negeri. 

Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menetapkan hasil Pemilu 2024 pada Rabu (20/3/2024), tepat pada hari terakhir batas waktu penetapan hasil pemilu sebagaimana diatur dalam UU Pemilu. Sebelum penetapan, KPU RI akan melakukan rekapitulasi perolehan suara untuk dua provinsi tersisa, yakni Papua dan Papua Pegunungan.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, per Selasa (19/3/2024) malam pihaknya sudah melakukan rekapitulasi perolehan suara dari 35 provinsi. Pada Selasa malam itu juga pihaknya sedang merekapitulasi hasil pemilu dari Provinsi Jawa Barat. 

"Setelah semua provinsi selesai rekapitulasi (nasional di KPU RI), kemudian kita siapkan berita acara dan nanti kita siapkan keputusan KPU tentang penetapan hasil pemilu secara nasional atau tingkat nasional," kata Hasyim kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement