Kamis 21 Mar 2024 08:34 WIB

Di Mana Gibran Saat Prabowo Sampaikan Pidato Kemenangan?

Saat Prabowo Subianto menyampaikan pidato kemenangan, tidak ada Gibran yang dampingi.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden terpilih Prabowo Subianto didampingi partai pengusung Koalisi Indonesia Maju (KIM). Saat Prabowo Subianto menyampaikan pidato kemenangan, tidak ada Gibran yang dampingi.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Presiden terpilih Prabowo Subianto didampingi partai pengusung Koalisi Indonesia Maju (KIM). Saat Prabowo Subianto menyampaikan pidato kemenangan, tidak ada Gibran yang dampingi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto, menyampaikan pidato kemenangan di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024) malam. Prabowo didampingi pimpinan partai politik pengusungnya, elite tim kampanyenya, dan sejumlah pendukung setianya.

Namun, cawapres pendamping Prabowo, Gibran Rakabuming Raka, tidak tampak batang hidungnya dalam acara yang digelar beberapa jam setelah KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024 itu. 

Baca Juga

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma'ruf menyebut, Gibran tidak hadir karena pada Rabu masih aktif bekerja sebagai Wali Kota Solo. Gibran belum mengambil cuti meski tahu KPU akan mengumumkan hasil Pemilu 2024 pada Rabu.

"Mas Gibran masih di Solo. Iya (Gibran) masih dinas. Belum (ambil cuti)," kata Aminuddin kepada wartawan usai menyaksikan pidato kemenangan Prabowo.

Dia menyebut, Gibran bakal datang ke Jakarta dalam waktu dekat. Putra sulung Presiden Jokowi itu akan bertemu Prabowo. "Insya Allah (akan bertemu langsung dengan Prabowo)," kata sosok yang intens mendampingi Gibran selama masa kampanye Pilpres 2024 itu.

Adapun Prabowo dalam pidatonya berkali-kali menekankan pentingnya persatuan seluruh rakyat Indonesia meski berbeda-beda pilihan saat Pilpres 2024. Dia juga memastikan bakal menjadi presiden untuk seluruh rakyat Indonesia, termasuk rakyat yang tidak memilih pasangan Prabowo-Gibran.

Di akhir pidatonya, Prabowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi. Dia mengaku memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada Jokowi.

Prabowo menuturkan, Jokowi telah memberikan contoh rekonsiliasi besar ketika merangkul dirinya, meski mereka rival dalam Pilpres 2014 dan 2019. Menurut dia, hal itu terjadi karena Jokowi mempunyai jiwa kenegarawanan.

"Bahkan, beliau (Jokowi) yang juga sangat besar mendorong saya sehingga hari ini saya menerima mandat dari rakyat (memenangi Pilpres 2024). Karena itu, saya harus menyampaikan penghargaan saya sebesar-besarnya kepada beliau," kata Menteri Pertahanan pembantu Jokowi itu.

Lebih lanjut, Prabowo menyebut kepemimpinannya kelak akan memanfaatkan landasan yang sudah dibangun Jokowi, khususnya di bidang ekonomi. Dengan begitu, pemerintahannya kelak bisa bekerja dengan cepat untuk melaksanakan berbagai program kerja yang sudah dicanangkan.

Beberapa jam sebelum Prabowo berpidato, KPU RI menetapkan hasil Pemilu 2024. Untuk Pilpres 2024, KPU menetapkan pasangan Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara atau 58,58 persen dari total suara sah nasional 164.227.475.

Prabowo-Gibran unggul telak dibanding kompetitornya. Pasangan Anies-Muhaimin meraih 40.971.906 suara atau 24,94 persen, sedangkan Ganjar-Mahfud mendapatkan 27.040.878 suara atau 16,46 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement