Kamis 21 Mar 2024 19:26 WIB

Golkar Puji Sikap Surya Paloh yang Akui Kemenangan Prabowo-Gibran

Surya Paloh menyebut Partai Nasdem mengucapkan selamat untuk Prabowo-Gibran.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar, Maman Abdurrahman saat diwawancarai wartawan di sebuah restoran di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).
Foto: Republika/Febryan A
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Golkar, Maman Abdurrahman saat diwawancarai wartawan di sebuah restoran di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Partai Golkar mengapresiasi sikap politik Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang mengakui hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ketua Badan Pemilu (Bapilu) Partai Golkar Maman Abdurrahman mengatakan, pengakuan Surya Paloh atas kemenangan Paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming merupakan sikap negarawan dari seorang politikus mapan dan sportif.

“Kami dari Partai Golkar mengapresiasi sikap teman-teman dari Partai Nasdem yang kita ketahui kemarin malam, melalui Pak Surya Paloh beliau menyatakan menerima hasil Pemilu 2024 dan menerima hasil pilpres yang memenangkan calon presiden Prabowo Subianto dan Mas Gibran sebagai calon wakil presiden berdasarkan data resmi dari KPU (Komisi Pemilihan Umum),” kata Maman saat konferensi pers di DPP Golkar, di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga

Kata Maman, sudah semestinya partai-partai politik (parpol) yang mengusung capres-cawapres lain melakukan hal sama seperti Surya Paloh. “Dalam konteks pertaruangan wajar kita keras dalam pertarungan (politik) kita mengerahkan semua kemampuan dan kapasitas kita. Namun pada saat hasil final, di mana sudah ada keputusan yang resmi (dari KPU) sebagai seorang kesatria, kami Partai Golkar angkat topi untuk Pak Surya Paloh. Dan semoga langkah tersebut juga diikuti oleh partai-partai politik lainnya,” tutur Maman menambahkan.

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh adalah tokoh politik utama dalam mengusung Paslon 01 Anies Rasyi Baswedan-Muhaimin Iskandar dalam Pilpres 2024. Pada Rabu (20/3/2024) usai KPU mengumumkan hasil resmi rekapitulasi nasional hasil pilpres, Surya Paloh mengucapkan selamat atas kemenangan Prabowo-Gibran.

Paslon 02 itu menang dengan angka keterpilihan 58 persen atau 96,2 juta suara. Sementara Paslon 01 hanya 25 persen, atau sektiar 40,9 juta suara. Sementara selebihnya adalah Paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan 17 persen atau sekitar 27 juta suara.  

“Partai Nasdem mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenangan Pilpres 2024,” kata Paloh.

Surya Paloh yang juga mantan politikus Partai Golkar itu juga mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk lebih mengutamakan kepentingan bangsa ketimbang ambisi politik kelompok atau kepentingan golongan sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement