Kamis 21 Mar 2024 19:30 WIB

Suara Nasional PSI Hanya 2,8 Persen, Kaesang: Sudah Pasti tak Lolos Senayan

Kaesang mengaku PSI akan fokus memenangkan Pilkada 2024.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat diwawancarai wartawan di kediaman Prabowo Subianto, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024) malam.
Foto: Republika/Febryan A
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat diwawancarai wartawan di kediaman Prabowo Subianto, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) buka suara terkait hasil Pemilu 2024 yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Mengingat, dalam penetapan hasil pemilu, suara partai berlogo tangan dan bunga mawar untuk pemilihan legislatif (pileg) DPR RI tak sampai 4 persen.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep mengatakan, partainya hanya mendapat 4.260.169 suara secara nasional untuk pileg DPR. Angka itu tak sampai 4 persen, tepatnya hanya 2,8 persen apabila dipresentasekan. Artinya, PSI tidak akan mengirimkan wakilnya ke DPR untuk periode 2024-2029. 

Baca Juga

"Dan yang sudah pasti ya, enggak akan lolos ke Senayan," kata dia saat konferensi pers di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (21/3/2024).

Kendati demikian, Kaesang tetap mengapresiasi seluruh masyarakat yang telah antusias mengikuti pemilu 2024, khususnya yang telah memilih PSI pada 14 Februari 2024. Apalagi, suara PSI secara keseluruhan untuk pemilu 2024 disebut meingkat 200 persen dibandinb pemilu lima tahun lalu.

Meski belum bisa membawa aspirasi pemilih ke DPR, PSI diklaim akan tetap berjuang dengan caranya sendiri. Terlebih, saat ini PSI berhasil mendapatkan kursi di tingkat DPRD provinsi muapun DPRD kabupaten/kota.

"Jadi saya juga mengucapkan sekali lagi terima kasih kepada seluruh masyarakat karena telah memilih PSI untuk mewakili suaranya nanti sebagai anggota dewan," kata putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu.

Kaesang menambahkan, partainya akan mengevaluasi diri ke depannya. Dengan hasil pemilu saat ini, ia yakin PSI bisa menjadi partai yang lebih baik ke depannya. "Supaya nanti di 2029 kita juga bisa, apa namanya, bisa lebih baik dari hari ini," ujar dia.

Kaesang mengatakan, saat ini PSI akan fokus untuk memenangkan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan digelar para November 2024. Ia menilai, terdapat beberapa daerah potensi yang menjadi sasaran partainya.

Pasalnya, PSI berhasil meraih kursi DPRD di berbagai daerah. Di daerah-daerah itu, PSI kemungkinan akan ikut berkontestasi dalam pilkada.

"Yang mungkin kalau kita bisa lihat, kalau kursinya banyak itu ada di NTT Kita ada enam kursi di provinsi. Jakarta tentunya kita ada delapan, di Solo, Semarang kita punya lima kursi kalau engga salah, terus mana tadi, Surabaya kita juga ada lima," kata dia.

Selain itu, PSI juga memgincar Bandung, Madiun, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Ende, serta beberapa kabupaten/kota di Provinsi NTT. "Itu akan, mungkin kami akan proses untuk pilkada nanti," ujar Kaesang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement