Jumat 22 Mar 2024 10:19 WIB

PSI Kemungkinan Dorong Grace Natalie Maju Pilgub DKI

PSI kemungkinan akan mendorong Grace Natalie untuk maju ke Pilgub DKI.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Grace Natalie. PSI kemungkinan akan mendorong Grace Natalie untuk maju ke Pilgub DKI.
Foto: Republika/Febryan A
Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Grace Natalie. PSI kemungkinan akan mendorong Grace Natalie untuk maju ke Pilgub DKI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berhasil mengunci delapan kursi DPRD Provinsi DKI Jakarta dalam Pemilihan Umum (pemilu) 2024. Partai yang dipimpin putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu meraih 465.936 suara dalam pemilihan legislatif (pileg) DPRD Provinsi DKI Jakarta. 

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, mengatakan partainya akan mulai fokus melakukan persiapan untuk memenangkan pemilihan kepala daerah (pilkada), yang dijadwalkan dilakukan pada November 2024. Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu daerah yang menjadi fokus PSI dalam pilkada 2024.

Baca Juga

"Saya akan fokus (pilkada), tapi siapa orangnya kita masih proses semuanya. Kita akan mengeluarkan kader-kader kita terbaik nanti ikut di Pilkada. tunggu nanti orangnya siapa," kata Kaesang.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni sempat menggoda Grace Natalie untuk maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) Provinsi DKI Jakarta. Pasalnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI itu disebut memiliki rekam jejak yang baik dalam pemilihan legislatif (pileg) DPR daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta III.

"Sudah dua kali (Grace Natalie) pemilihan legislatif suara terbanyak di Jakarta. Enggak tahu nih apakah nanti apakah maju di DKI atau apa. Nanti, ya tergantung," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Grace diketahui meraih 193.556 suara di dapil DKI Jakarta III. Suara itu merupakan yang tertinggi dibandingkan raihan para caleg yang berkontestasi dalam pileg DPR di wilayah DKI Jakarta. Namun, Grace tak dapat melaju ke Senayan lantaran suara partainya tak mencapai ambang batas 4 persen secara nasional.

Ketika ditanya kemungkinan untuk maju dalam pilgub DKI Jakarta, Grace tak banyak memberikan komentar. Ia masih akan melihat perkembangan situasi terlebih dahulu.

"Kita lihat dulu aja. Temen-teman pada ngegas semua nih. Sabar saja, baru saja selesai pileg-nya. Capek lagi, biar kita istirahat dulu, napas dulu," ujar Grace.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement