Jumat 26 Apr 2024 07:10 WIB

Nasdem dan PKB akan Ikut Pertemuan Koalisi Prabowo Bulan Depan

Semua parpol sepakat Prabowo penentu soal penambahan partai koalisi.

Rep: Febryan A/ Red: Agus raharjo
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad ketika diwawancarai wartawan usai bertemu Waketum Partai Nasdem Ahamd Ali di kediaman Prabowo Subianto, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024) malam.
Foto: Republika/Febryan A
Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad ketika diwawancarai wartawan usai bertemu Waketum Partai Nasdem Ahamd Ali di kediaman Prabowo Subianto, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, semua partai politik pendukung Prabowo-Gibran yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan bertemu pada Mei 2024 mendatang. Partai Nasdem dan PKB yang baru menyatakan mendukung Prabowo-Gibran juga akan ikut hadir.

"Seperti rekan-rekan wartawan tahu, kita sudah adakan pertemuan dan sudah sepakat kerjasama dengan PKB, lalu tadi dengan Nasdem," kata Dasco usai Nasdem mendeklarasikan dukungan kepada pemerintahan Prabowo-Gibran di rumah Prabowo, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga

Dasco menyebut, pertemuan tersebut digelar dalam rangka syukuran karena Pilpres 2024 telah usai. Pertemuan itu juga akan menjadi momen pertama bagi Nasdem dan PKB bertemu dengan partai-partai pengusung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Menurut dia, pertemuan itu akan membuktikan bahwa tidak ada penolakan di internal KIM atas bergabungnya Nasdsm dan PKB. Apalagi, semua partai anggota KIM sudah sepakat agar Prabowo yang menentukan soal penambahan partai koalisi.

Saat ditanya apakah dalam pertemuan tersebut akan membahas pembagian kursi menteri, Dasco membantah. "Kawan-kawan di partai koalisi itu menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Prabowo untuk melakukan penyusunan kabinet," ujarnya.

Sebelumnya, Rabu (24/4/2024), Prabowo menyambangi Kantor DPP PKB untuk bertemu ketua umum partai tersebut, yakni Muhaimin Iskandar. Usai berjumpa, Prabowo mengaku menerima keinginan PKB untuk terus bekerja sama.

Sehari berselang, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan jajarannya menemui Prabowo. Setelah menggelar pertemuan tertutup selama sekitar satu jam, Paloh mendeklarasikan partainya mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran.

Dengan bergabungnya PKB dan Nasdem, kini KIM terdiri atas enam partai penghuni parlemen. Empat partai parlemen pengusung Prabowo-Gibran adalah Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, dan Partai Demokrat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement