Sabtu 27 Apr 2024 19:28 WIB

Ditanya Rencana ke Depan Usai Pilpres, Anies: Nanti Disampaikan di Depan

Nasdem menjadikan Anies sebagai prioritas untuk diusung di Pilkada DKI Jakarta.

Rep: Eva Rianti/ Red: Agus raharjo
Sekjen PKS Habib Aboe Alhabsyi (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) memberi keterangan pers usai acara halalbihalal PKS di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024).
Foto: Republika/Eva Rian
Sekjen PKS Habib Aboe Alhabsyi (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) memberi keterangan pers usai acara halalbihalal PKS di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres 01 Anies Baswedan masih enggan mengungkapkan rencananya ke depan usai berakhirnya proses Pilpres 2024 yang akhirnya dimenangkan oleh paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Meski digadang-gadang kembali maju di Pilgub Jakarta, Anies belum berkomentar soal itu.

"Rencana ke depannya nanti kita sampaikan di depan," ujar Anies kepada wartawan usai menghadiri acara halalbihalal PKS di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024). 

Baca Juga

Anies diketahui mesti menerima kenyataan bahwa dirinya dan pasangannya -Muhaimin Iskandar- 'AMIN' kalah dalam Pilpres 2024. Usai kekalahan itu, partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan pengusung AMIN bergerak sesuai dengan kepentingannya masing-masing untuk merapat ke pemerintahan Prabowo-Gibran. 

Partai Nasdem dan PKB sudah menyampaikan dukungan terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran dan bisa dipastikan akan berkoalisi dalam lima tahun ke depan. Langkah Nasdem dan PKB disinyalir bakal diikuti pula oleh PKS. Saat ini PKS tengah ancang-ancang untuk bisa bertemu dengan Prabowo dan melakukan rekonsiliasi.

Meski partai Koalisi Perubahan sudah tak solid, isu kerja sama berlanjut ke Pilkada 2024 masih kuat, diantaranya Pilgub Jakarta. Masing-masing partai Koalisi Perubahan saling bertemu, baik Partai Nasdem dengan PKS, PKS dengan PKB, maupun PKB dengan Partai Nasdem. 

Diantara kesepakatan dalam pertemuan-pertemuan mereka adalah soal kerja sama atau langkah koalisi dalam Pilkada yang bakal berlangsung November 2024 mendatang. Nama Anies Baswesan, capres yang mereka usung di Pilpres 2024 pun mencuat, mengingat Anies merupakan eks Gubernur DKI Jakarta periode 2017--2022 yang masih memiliki satu kali periode, di samping masih tingginya dukungan masyarakat Jakarta terhadapnya. 

Partai Nasdem bahkan gamblang memprioritaskan atau memposisikan Anies sebagai top priority yang akan diusung dalam Pilgub Jakarta, disusul kader-kader internalnya seperti Ahmad Sahroni dan Wibi Andrino. Namun saat diminta tanggapan, Anies mengaku belum ada komunikasi soal itu. Dia pun mengaku ingin rehat dulu.

"Belum (komunikasi), sekarang kita rehat dulu. Relax, relax," ujar Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement