Selasa 28 Nov 2023 10:49 WIB

Band Gigi Serukan Politik Damai Jelang Pilpres 2024

Band Gigi kerap menyelipkan pesan politik damai saat manggung.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Grup band Gigi saat tampil dalam gelaran Pestapora di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Ahad (24/9/2023). Gigi kerap menyampaikan pesan damai menjelang tahun politik Pilpres 2024.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Grup band Gigi saat tampil dalam gelaran Pestapora di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Ahad (24/9/2023). Gigi kerap menyampaikan pesan damai menjelang tahun politik Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kampanye untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 memasuki hari pertamanya pada Selasa (28/11/2023). Ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden bakal melangsungkan kampanye di berbagai wilayah untuk menjaring suara.

Pasangan nomor urut satu (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar), nomor urut dua (Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka), dan nomor tiga (Ganjar Pranowo-Mahfud MD) telah berkomitmen menjaga suasana Pemilu tetap aman, tertib, dan damai. Mereka menandatangani Deklarasi Kampanye Damai, Tertib, dan Taat Hukum Peserta Pemilu 2024 pada Senin (27/11/2023).

Baca Juga

Hal serupa siserukan sejak jauh-jauh hari oleh grup musik Gigi. Band papan atas Indonesia beranggotakan Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (bas), dan Gusti Hendy (drum) itu kerap menyerukan pesan damai untuk tahun politik ketika manggung.

Misalnya, saat menjadi penampil di festival musik Pestapora pada September 2023. Pada acara yang berlangsung di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, itu, Gigi tidak ragu mengingatkan anak muda yang hadir untuk ikut berpartisipasi menjaga kondisi negara di tahun politik.

"Love for Indonesia. 2024 nanti, pemilihan umum. Gua enggak peduli lu milih siapa, yang penting Indonesia tetep aman, oke?" kata Armand.

Menjelang tahun politik, grup musik Gigi merasa perlu menggaungkan pesan perdamaian supaya Pilpres dan Pemilu 2024 berjalan lancar. Pesan tersebut juga disampaikan Gigi pada momen Konser "The Best of Gigi-Road to 30th Anniversary" pada Juni 2023.

Pada pertunjukan itu, hadir tamu penting Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Widodo. Ada juga banyak negarawan dan figur publik yang menonton, seperti Budi Karya Sumadi, Teten Masduki, Najwa Shihab, Tantowi Yahya, Maia Estianty, serta lainnya.

Dengan kehadiran tamu-tamu penting itu, Armad tidak sungkan-sungkan menyebut bahwa tahun politik sudah di depan mata dan semua orang disebutnya harus bekerja sama menjaga Tanah Air tetap aman. "Semoga Indonesia 2024 semakin baik, damai, aman, sejahtera," kata Armand di atas panggung, di sela penampilan Gigi.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement